4 Cara Merawat Rantai Motor Dengan Mudah Agar Tetap Awet

Merawat rantai motor harus dilakukana mengingat keberadaannya dapat mempengaruhi kualitas berkendara kita selama di jalan. Selain itu, rantai motor juga bisa dibilang menjadi salah satu bagian yang cukup vital.

Bayangkan saja tanpa rantai motor, tentu kendaraanmu tidak akan bisa berjalan. Apalagi jika rantaimu sampai putus ketika dikendarai di tengah jalan. Tentu hal ini akan sangat membahayakan. Maka dari itu perlu adanya perawatan yang maksimal dan menyeluruh agar rantai pada motor tetap awet.

Berikut Kitaberkata.com telah merangkum beberapa cara merawat rantai motor dengan mudah agar tetap awet:

1. Gunakan pelumas rantai

rantai motor
on2wheels

Supaya rantai motormu tetap awet, kamu harus rajin-rajin menggunakan pelumas pada rantai motormu. Pelumas rantai motor ini berfungsi untuk melumasi rantai motormu sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan rantai motormu.

2. Jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor

Park Tool
Park Tool

Berpikir lebih praktis dan lebih murah, biasanya ada saja orang yang menggunakan gemuk dan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Sebisa mungkin, hal tersebut kamu hindari, ya!

Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Lebih baik kamu mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot mengganti rantai motormu yang rusak nantinya.

3.Pastikan menggunakan rantai motor yang original

Rantai dan Gir

Rantai motor yang original tentu lebih disarankan dibandingkan spare part KW. Memang jika dibandingkan secara harga, rantai motor KW jauh lebih terjangkau. Namun perlu diketahui, bahwa biasanya harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Harga yang murah biasanya memberikan kualitas yang biasa-biasa saja atau bahkan cenderung buruk. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan produk rantai motor yang original atau resmi dari brand motormu.

4. Periksa dan lakukan penyetelan secara rutin

rantai motor
motorcycle

Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai supaya tahu rantai motormu. Siapa tahu rantai motormu sudah kendur atau jangan-jangan terlalu kencang. Percayakan pemeriksaan dan penyetelan kepada ahlinya ya.

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat rantai motor agar jauh lebih awet. Semua cara-cara di atas bisa kamu lakukan sendiri di rumah dan tak memerlukan waktu yang lama untuk mempraktikannya.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Inilah Cara Untuk Merawat Motor Tua

Pasti diantara kalian pernah berfikir kalau merawat motor tua itu susah dan rumit, dan karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − fourteen =