Thursday , October 29 2020
Home / Info / 5 Kabar Virus Corona yang Baik dan Perlu Anda Ketahui

5 Kabar Virus Corona yang Baik dan Perlu Anda Ketahui

Kabar virus corona masih menjadi perbincangan yang tidak ada habisnya di media sosial maupun di aplikasi pesan seperti WhatsApp.

Virus yang mulai merebak pada Desember 2019 di Wuhan, China ini kerap dikabarkan dengan pemberitaan yang bernada negatif, seperti jumlah korban yang meninggal, penyebaran virus yang semakin meluas, dan angka infeksi yang terus melonjak.

Berikut 10 pemberitaan kabar baik virus corona yang telah dirangkum oleh Kitaberkata.com. Yuk simak!

1. Ilmuwan Telah Menemukan Cara Virus Corona Menembus Ke Dalam Sel Manusia

Menurut media Live Science, para ilmuwan telah menemukan bagaimana virus corona menembus ke dalam sel manusia, yang akan membantu secara signifikan dalam mengembangkan perawatan.

Mereka juga mengungkapkan gambar pertama mengenai bagaimana virus corona berikatan dengan sel-sel pernapasan manusia untuk menghasilkan lebih banyak virus.

Gambaran tersebut juga telah diperbesar sampai ke perbesaran atom pada titik-titik yang mengikat.

Dengan adanya pemberitaan ini, masyarakat setidaknya paham bagaimana virus memasuki sel dan hal ini dapat membantu peneliti dalam menemukan obat-obatan dan vaksin untuk melawan virus.

2. Lebih Dari 70 Persen Pasien Virus Corona di China Sembuh

China merupakan negara yang diketahui sebagai awal mula penyebaran virus corona pertama kali, terkhusus di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Sebelumnya, seorang warga negara China menderita penyakit sesak napas misterius pada Desember 2019 dan pada Februari 2020 penyakit tersebut resmi dinamakan Covid-19.

Kendati sebagai pusat wabah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, dari sekitar 80.000 kasus terinfeksi virus corona di China per Jumat (20/3/2020), sebanyak 70 persen lebih pasien telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

3. Polusi Udara Telah Merosot di Sejumlah Kota Akibat Karantina

Analis dari Washington Post mencatat ada penurunan drastis gas rumah kaca utamanya di Eropa karena orang-orang melakukan karantina dan mengakibatkan mobil (kendaraan pribadi) tetap terparkir di rumah.

BACA JUGA  Situs Kesayangan INDOXXI Bаkаl Tutuр 1 Jаnuаrі 2020

Sementara itu, pakar ekonomi perubahan iklim di Universitas Teknologi Georgia yang telah memperlajari kebijakan iklim Italia, Emanuele Massetti mengungkapkan, dalam beberapa hari ke depan orang-orang di Italia utara akan menikmati udara terbersih yang pernah ada.

Kondisi ini juga terjadi di China setelah terjadinya kebijakan lockdown besar-besaran saat melonjakny akasus virus corona. 

Sebuah analisis yang dilakukan oleh situs iklim Carbon Brief menyebutkan bahwa terdapat penurunan penggunaan energi dan emisi di China sebanyak 25 persen.

4. Obat Flu Jepang Terbukti Efektif Obati Covid-19

Dilansir dari The Guardian, seorang pejabat di Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, Zhang Xinmin mengatakan, favipiravir yang dikembangkan oleh anak perusahaan Fujifilm, telah memberikan hasil yang menggembirakan dalam uji klinis di Wuhan dan Shenzhen yang melibatkan 340 pasien.

Diketahui, obat tersebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan terbukti efektif menyembuhkan virus corona.

“Ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif dalam perawatan,” ujar Zhang pada Selasa (17/3/2020).

5. Presiden Jokowi Sudah Siapkan Puluhan Ribu Butir Avigan Untuk Obati Pasien Corona

Presiden Jokowi akhirnya mengandalkan Avigan dan Cloroquine sebagai obat yang diandalkan untuk pasien-pasien virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Obat-obat tersebut akan didistribusikan dengan berbagai cara, termasuk lewat dokter keliling. Seberapa ampuh Avigan dan Cloroquine dalam mengobati pasien corona?

Yang pasti, mewabahnya virus Corona di Indonesia membuat pemerintah harus bergerak cepat. Berbagai upaya pencegahan pemerintah telah dilakukan.

Dari mulai mengimbau untuk melakukan karantina pribadi hingga pembatasan sosial atau social distancing.

Selain mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan menjauhi keramaian, Presiden Jokowi juga telah mengupayakan untuk mengadakan rapid test. Rapid test ini dilakukan untuk tes massal virus Corona pada masyarakat.

BACA JUGA  Buаt Kеluаrgа dаn Tеmаnmu Tеrѕеntuh Dеngаn 10 Ucapan Natal Inі !

Selain itu pemerintah telah menyediakan kanal resmi untuk melaporkan dan mendeteksi gejala awal dari virus asal Kota Wuhan China itu.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Pendukung Petisi Bebaskan Jerinx Lebih Dari 124 Ribu Orang

Musisi I Gеdе Arі Aѕtіnа аtаu Jеrіnx Suреrmаn is Dеаd (SID) dіdаkwа tеrkаіt роѕtіng-аn ‘IDI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *