Ini Dia 5 Negara Pengonsumsi Nasi Terbesar di Dunia

Nasi adalah makanan pokok bagi mayoritas orang Indonesia. sampai ada negara pengonsumsi nasi terbesar di dunia. Ini dikarenakan kalau tidak makan nasi dalam satu hari ibarat tidak makan sama sekali.

Nasi bersumber dari tanaman padi yang menjadi beras lalu dimasak menjadi makanan pokok.

Nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat utama dari berbagai masyarakat di sejumlah negara, terutama di Benua Asia. Sehingga jumlah permintaan nasi setiap tahunnya terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di seluruh dunia.

Kali ini Kitaberkata.com telah merangkum 5 Negara Pengonsumsi Nasi Terbesar di Dunia

Negara Pengonsumsi Nasi Terbesar di Dunia

1. Cina

Urutan pertama negara pengonsumsi nasi terbesar adalah Cina yang memiliki besaran konsumsi per tahunnya mencapai 142,7 juta metrik ton. Bahkan negara di Asia Timur ini menjadi konsumer dari 30 persen nasi yang ada di seluruh dunia.

Banyaknya konsumsi nasi di negara ini disebabkan sekitar 65 persen penduduk Cina mengonsumsi nasi sebagai makanan keseharian mereka. Sehingga Cina menjadi salah satu pengimpor beras terbesar di dunia sekaligus berbagai produk pertanian lainnya. 

2. India

Kemudian ada India yang juga menjadi negara pengonsumsi nasi terbanyak di dunia. Negara ini memiliki konsumsi nasi sebanyak 97,35 juta metrik ton dan membuatnya menjadi negara pengonsumsi nasi terbanyak kedua di dunia. 

Tingginya konsumsi nasi di India disebabkan adanya jumlah penduduknya yang sangat besar dan mencapai 1,3 Miliar jiwa. Meskipun tidak semua masyarakat India mengonsumsi nasi dan justru mengonsumsi jenis biji-bijian lainnya. Akan tetapi konsumsi nasi di negara ini tetap tinggi karena setengah penduduknya mengonsumsi nasi. 

3. Indonesia

Indonesia mendapat urutan ke tiga yang menjadi pengonsumsi nasi terbesar di dunia. Negara di Asia Tenggara ini memiliki konsumsi nasi sebanyak 37,4 juta dalam setahun yang membuatnya berada di peringkat ketiga.

Bahkan 77 persen pertanian di Indonesia berupa tanaman padi, yang tersebar di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra saja. Bahkan 60 persen dari pertanian padi ada di Pulau Jawa yang menjadi pulau terpadat di Indonesia. 

Besarnya konsumsi nasi di Indonesia disebabkan adanya budaya makan nasi, bahkan dianggap tidak kenyang apabila tidak makan nasi. Selain sebagai makanan utama, terdapat pula makanan ringan yang terbuat dari beras ataupun tepung beras. 

4. Bangladesh

Bangladesh juga menjadi salah satu negara pengonsumsi nasi terbanyak di dunia yang masuk dalam peringkat keempat. Negara di Asia Selatan ini mengonsumsi sebanyak 35,2 juta ton nasi dalam setahun. Selain itu, sekitar 75 persen pertanian di negara ini digunakan untuk pertanian padi saja. 

Tingginya konsumsi beras di Bangladesh disebabkan nasi menjadi makanan utama di negara ini. Serta jumlah penduduknya yang mencapai lebih dari 160 juta jiwa tentunya membuat konsumsi nasi di negara ini begitu tinggi. 

5. Vietnam

Vietnam merupakan negara di Asia Tenggara yang menjadi negara pengonsumsi nasi terbesar dunia. Jumlah konsumsi nasi di negara ini mencapai angka 22,1 juta metric ton dalam satu tahunnya. 

Besarnya konsumsi nasi di negara ini ditengarai kebiasaan masyarakatnya yang memakan nasi sebagai konsumsi utama. Selain itu, negara dengan penduduk lebih dari 95 juta jiwa ini memiliki konsumsi per kapita sebanyak 217 kg dalam setahun. 

Itulah beberapa rangkuman 5 Negara Pengonsumsi Nasi Terbesar di Dunia

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Ukuran Otak Berpengaruh Pada Jumlah Teman yang Anda Miliki

Berapa banyakkah kalian punya teman sampai saat ini?. Pernahkah kamu berfikir bahwa ukuran otak ternyata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 15 =