Home / Info / 5 Negara yang Ganti Menteri Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

5 Negara yang Ganti Menteri Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

Menteri Kesehatan adalah kementerian dalam Pemerintah yang membidangi urusan kesehatan. Kementerian Kesehatan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Saat pandemi virus corona ini menteri kesehatan berupaya untuk menangani virus ini agar tidak menyebar lagi dan meningkatkan angka kematian di suatu negara

Hampir semua negara yang saat ini telah terinfeksi, tidak ada yang siap dengan adanya pandemi virus corona ini. Tak heran apabila fasilitas kesehatan menjadi kewalahan seperti saat terjadi wabah di China, Italia, Amerika Serikat, Iran dan India.

Negara dengan jumlah kasus infeksi cukup banyak. Selain itu, ada sejumlah menteri kesehatan yang merasa tidak sanggup menangani pandemi virus corona penyebab penyakit Covid-19 ini dan memutuskan mundur. Meskipun ada juga yang memilih mundur, akibat tidak sejalan dengan pemimpin negara dalam upaya mengatasi pandemi.

Berikut ini adalah 5 negara yang menteri kesehatannya mundur selama pandemi corona di dunia yang dirangkum Kitaberkata.com:

1. Belanda – Bruno Bruins

Menteri Kesehatan Belanda Bruno Bruins mengundurkan diri dari posisinya setelah ambruk saat debat soal penanganan krisis pandemi oleh pemerintah di parlemen dan menyatakan dirinya lelah dan perlu beristirahat di rumah semalam.

Selama ini, ia menjadi pihak yang bertanggung jawab atas pandemi dan krisis yang diakibatkan oleh Covid-19 di negaranya. Mengutip Dutch News, 19 Maret 2020, pengumuman resmi dari Pemerintah Belanda tidak menyebutkan alasan pasti soal pengunduran diri sang Menkes. Hal ini mengagetkan, karena tidak ada yang menduga Bruins akan lepas dari jabatannya dalam waktu secepat itu.

2. Selandia Baru – David Clark

David Clark yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan Selandia Baru akhirnya harus turun dari posisinya akibat diketahui melanggar aturan penguncian wilayah yang seharusnya ditaati semua pihak. Ia mengunjungi sebuah pantai yang berjarak 20 km dari rumahnya di akhir pekan pertama masa kuncian.

BACA JUGA  Pendukung Petisi Bebaskan Jerinx Lebih Dari 124 Ribu Orang

Hal itu merupakan satu pelanggaran yang semestinya tidak dicontohkan oleh seorang pejabat negara. Clark mendatangi pantai untuk mengantar keluarganya, dikutip dari The Guardian, 7 April 2020. Di lain kesempatan, ia juga terpergok tengah mengayuh sebuah sepeda gunung di area yang berjarak 2 km dari rumahnya.

Untuk itulah ia dipecat atau diturunkan. Atas hal yang ia perbuat, Clark meminta maaf dan mengakuinya sebagai tindakan yang buruk di saat ia dan jajarannya meminta masyarakat untuk tinggal dan olahraga dari dalam rumah.

3. Brasil – Luiz Mandetta dan Nelson Teich

Luiz Henrique Mandetta saat masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan Brasil, dalam konferensi pers untuk memberikan perkembangan terkini tentang virus corona di Brasil. Mandetta dipecat pada Kamis (16/4/2020) akibat perselisihan yang kian meruncing dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, terkait penanganan virus corona.

Mandetta dipecat pada Kamis (16/4/2020) akibat perselisihan yang kian meruncing dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, terkait penanganan virus corona.

Sepanjang pandemi Covid-19 berlangsung, 2 orang berbeda yang mengisi jabatan Menteri Kesehatan Brasil mengundurkan diri dari posisinya. Dikutip dari CNBC, 15 Mei 2020, keduanya adalah Nelson Teich dan Luiz Mandetta. Alasan Teich dan Mandetta mundur dari posisi tinggi di pemerintahan itu sama, karena tidak sependapat dengan kebijakan yang diambil sang presiden, Jair Bolsonaro, terkait penanganan Covid-19 di negaranya.

Pertama yang mengundurkan diri adalah Luiz Mandetta, ia mundur akibat tidak setuju dengan keputusan Bolsonaro yang memperluas penggunaan hidroklorokuin juga pendapat sang presiden yang tidak mau menerapkan karantina dan berbagai upaya lain untuk menekan penyebaran wabah. Setelah ia mundur, maka posisinya digantikan oleh Nelson Teich.

Namun kurang dari sebulan menjabat, Teich mengikuti jejak seniornya untuk meninggalkan posisi Menkes Brasil. Bolsonaro tidak mengindahkan saran yang diberikan Teich untuk tidak menggunakan hidroklorokuin secara luas.

BACA JUGA  PKL Di Malioboro Meninggal Karena COVID-19

Presiden justru terus mendorong penggunaan jenis obat ini. Teich juga tidak satu jalan dengan presiden yang kembali membuka perekonomian negara di saat Brasil masih menjadi hotspot Covid-19 di dunia. Bolsonaro mengizinkan pusat kebugaran, salon kecantikan dan potong rambut untuk beroperasi.

4. Chili – Jaime Manalich

Mantan Menteri Kesehatan Chili Jaime Manalich Terakhir adalah Menteri Kesehatan Chili Jaime Manalich yang mengundurkan diri dari jajaran pemerintahan pusat negara itu.

Alasan ia mengundurkan diri karena usulannya untuk memberlakukan penguncian wilayah secara terbatas atau dinamis, namun ternyata hal itu tidak berjalan efektif dan justru menimbulkan banyak kasus fatal covid-19 di Chili.

Mengutip Bloomberg, 14 Juni 2020, pemerintah ketika itu akhirnya memberlakukan kuncian penuh untuk semua kota-kota besar yang menjadi pusat wabah. Sebelumnya, Manalich juga mendukung proposal gagal soal diberikannya kartu kekebalan bagi pasien yang telah sembuh dari infeksi virus corona.

5. Rumania – Victor Costache

Victor Costache menteri kesehatan yang melepaskan jabatannya di masa pandemi adalah Menteri Kesehatan Rumania, Victor Costache. Melansir Balkan Eu, 26 Maret 2020, Costache disebut mengundurkan diri dari jabatannya untuk rencananya melakukan tes massal Covid-19 pada warga Bukares.

Rencananya itu dicanangkan tanpa terlebih dahulu melihat kondisi ketersediaan alat-alat juga logistik yang diperlukan. Pengumuman itu ia sampaikan melalui sejumlah saluran televisi.

Ia bahkan menyampaikan pada sang Perdana Menteri untuk menyerahkan posisinya kepada sang wakil menteri. Setelah menyatakan hal itu, ia pun diminta segera mengundurkan dirim dan meminta maaf kepada publik.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Pendukung Petisi Bebaskan Jerinx Lebih Dari 124 Ribu Orang

Musisi I Gеdе Arі Aѕtіnа аtаu Jеrіnx Suреrmаn is Dеаd (SID) dіdаkwа tеrkаіt роѕtіng-аn ‘IDI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *