Thursday , October 29 2020
Home / Info / 5 TRADISI UNIK IMLEK MASYARAKAT TIONGHOA. NO. 4 GREGET BANGET
image source : terkini.id

5 TRADISI UNIK IMLEK MASYARAKAT TIONGHOA. NO. 4 GREGET BANGET

Tradisi Unik Imlek adalah sama halnya dengan dengan Tahun Baru yang dirayakan oleh seluruh orang di dunia dalam satu tahun sekali tetapi Imlek perayaan Tahun Baru yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia.

Untuk tahun 2020 ini perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 dan juga ditetapkan sebagi libur nasional.

Masyarakat Tionghoa memiliki tradisi yang unik dalam perayaan Tahun Baru Imlek yang penuh makna setiap tradisi tersebut. Berikut kitaberkata.com telah merangkum 5 tradisi unik perayaan Tahun Baru Imlek.

1. Bersih-Bersih Rumah

image source : liputan6.com

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa membersihkan rumah berarti membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. Tradisi bersih-bersih ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa satu hari menjelang Imlek, karena dipercaya jika membersihkan rumah pada saat Imlek akan membuang keberuntungan di tahun tersebut.

2. Serba Merah

image source : sindonews.com

Merah menjadi warna yang paling identik ketika perayaan Imlek. Saat perayaan tahun baru China ini biasanya orang akan menghias rumahnya dengan dekorasi berwarna merah bahkan memakai pakaian berwarna merah.

Dalam kepercayaan Tionghoa, warna merah diartikan sebagai warna keberuntungan. Selain itu, binatang buas dalam mitologi China yaitu Nian sangat membenci warna merah dan kebisingan, begitu juga dengan para roh jahat.

Berbanding terbalik dengan warna merah, saat Imlek biasanya mereka tidak akan memakai warna putih dan hitam karena warna itu merupakan warna pemakaman dan dianggap akan membawa sial.

3. Makan Malam Bersama Keluarga

image source : sumber.com

Imlek selalu menjadi waktu yang spesial. Tradisi ini dimanfaatkan untuk kumpul bersama keluarga. Biasanya H-1 seluruh masyarakat Tionghoa akan pulang ke rumah Ayah dan Ibunya untuk makan malam bersama. Makanan yang melambangan keberuntungan di perayaan imlek adalah :

BACA JUGA  Kolaborasi 'NYEBRANG' Thanksinsomnia X Vivo

Ikan (meningkatkan kesejahteraan)

Pangsit Cina (kekayaan yang besar)

Kue beras ketan (pendapatan dan posisi lebih tinggi)

Kue lapis (rejeki berlapis-lapis dan kehidupan yang manis)

4. Bagi-Bagi Angpao

image source : popular-word.com

Tradisi yang satu ini memang tidak  asing bagi Anda. Tradisi yang tidak pernah absen dalam setiap perayaan Imlek ini memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu saat perayaan Imlek. Tradisi bagi-bagi angpao ini merupakan tradisi dimana masyarakat Tionghoa yang sudah berkeluarga memberikan rezeki kepada anak-anak dan orang tuanya.

Dalam kepercayaan Tionghoa, uang di dalam angpao yang akan dibagikan tidak boleh diisi dengan mengandung angka 4 di dalamnya karena angka 4 dianggap membawa sial. Dalam bahasa Cina angka empat terdengar seperti kata ‘mati’.

Selain itu, jumlah uang yang diberikan juga tidak boleh ganjil karena berhubungan dengan pemakaman. Bagi-bagi angpao juga dipercaya makin memperlancar rejeki di kemudian hari. Makna tradisi membagikan angpao pada saat Imlek ini berkaitan dengan transfer energi dan kesejahteraan yang juga dipercaya memperlancar rejeki di kemudian hari.

5.Melepas Burung Pipit

image source : tribunnews.com

Ritual melepas burung pipit ini merupakan tradisi unik yang dipercaya memiliki makna tersendiri. Melepas burung pipit bertujuan untuk meminta keberuntungan serta umur yang panjang. Biasanya, masyarakat akan membeli burung pipit sesuai dengan jumlah umur mereka. Selain itu, mereka juga akan membeli 100 ekor sekaligus untuk satu keluarga.

sumber : dari berbagai sumber

Check Also

Pendukung Petisi Bebaskan Jerinx Lebih Dari 124 Ribu Orang

Musisi I Gеdе Arі Aѕtіnа аtаu Jеrіnx Suреrmаn is Dеаd (SID) dіdаkwа tеrkаіt роѕtіng-аn ‘IDI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *