Home / Tips / 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Work From Home

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Work From Home

Kita terkadang sering lupa untuk menjaga kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita.

Seperti sekarang kesehatan mata harus dijaga mengingat adanya Work from home atau bekerja dari rumah saat pandemi corona Covid-19.

Bekerja dari rumah bukannya makin santai, malah justru membuat seseorang lebih lama berkontak dengan gawai. Dengan kata lain, waktu menatap layar akan lebih lama dibandingkan sebelumnya.

Kondisi ini pun memicu masalah pada mata. Mata kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan jadi sederet masalah yang bisa timbul.

Kali ini Kitaberkata.com telah merangkum, 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Work From Home. Yuk simak rangkuman berikut ini:

1. Ambil Jeda

Kerja dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan rasa sakit pada mata, leher, dan pundak. Sebaiknya ambil jeda sejenak secara berkala.

Istirahat selama 4-5 menit bisa membantu membuat mata rileks dan mengurangi rasa tidak nyaman. Alih-alih mengganggu produktivitas, cara ini justru akan membantu Anda tetap fokus.

2. Sesuaikan Pencahayaan

Pencahayaan di kantor umumnya telah diatur sesuai kebutuhan kerja. Sedangkan di rumah, Anda hanya menggunakan pencahayaan apa adanya.

Cahaya yang terlalu terang bisa membuat mata tegang sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal yang sama juga berlaku bagi cahaya yang terlalu redup.

3. Posisi Layar

Tak bisa dimungkiri, kerja dari rumah membuat Anda bebas bekerja di manapun termasuk di sofa bahkan kasur. Namun, demi mencegah masalah pada mata, sebaiknya tempatkan laptop sekitar 30 derajat di bawah garis lurus mata (eye level).

Trik ini akan menurunkan tekanan pada mata juga mencegah leher dan pundak di posisi membungkuk dalam waktu lama.

BACA JUGA  5 Tips Gaya Berpakaian yang Cocok Untuk Pria Gemuk

4. Filter layar

Gunakan filter cahaya pada layar komputer atau laptop untuk membantu mengatur intensitas cahaya. Ketika cahaya monitor dan cahaya lingkungan kurang sesuai, mata jadi tidak nyaman.

5. Perbesar huruf

Huruf yang lebih besar bakal mengurangi ketegangan pada mata saat bekerja. Jika ukuran huruf cukup besar, Anda tak perlu berusaha keras memusatkan fokus pada deret huruf. Ini akan sangat membantu saat Anda harus membaca dokumen yang cukup panjang.

6. Sering berkedip

Tanpa disadari, orang jarang berkedip saat harus membaca atau mengetik. Anda disarankan untuk berkedip lebih sering untuk melembapkan mata dan menghindari gejala mata kering.

Rata-rata satu dari tiga orang lupa berkedip saat bekerja. Akibatnya mata jadi gatal, kering, dan mengganggu penglihatan. Kedipkan mata setidaknya 10-20 kali dalam 1 menit.

7. Ajak mata olahraga

Olahraga mata baik dilakukan agar otot mata menjadi kuat dan mencegah kemungkinan penyakit mata seperti miopi dan astigmatisma.

Anda cukup menjauhkan mata dari layar setiap 20 menit sekali. Saat menjauh, fokuskan mata pada objek sejauh 6 meter selama 20 detik. Hal ini akan membuat mata lebih rileks dan mencegah mata lelah.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Inilah Tips Untuk Memilih Sabun Mandi

Setiap orang kadang mandi dengan sabun seadanya, jadi sabun apa yang ada, itu aja di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *