Home / Olahraga / Akibat Virus Corona, Kemenpora Larang Atlet Indonesia Ikut Event di Cina
kemenpora larang atlet pergi ke cina

Akibat Virus Corona, Kemenpora Larang Atlet Indonesia Ikut Event di Cina

Kitaberkata.com – Berkaitan dengan adanya virus corona mematikan yang sedang menjadi perbincangan hangat dunia saat ini, melalui surat dengan nomor S.1.31.12/SET/I/2020 yang  telah diedarkan, kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia melarang para atlet Tanah Air untuk mengikuti turnamen di China.

Surat tersebut disampaikan kepada seluruh Induk Organisasi Cabang Olahraga, NPC Seluruh Indonesia, Kadispora Seluruh Indonesia, dan KONI Provinsi Seluruh Indonesia. Surat tersebut keluar menyusul adanya travel warning kunjungan ke China yang dikeluarkan Menteri Luar Negeri Indonesia.

“Dengan hormat kami sampaikan kepada Saudara, bahwa Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri pada tanggal 28 Januari 2020 telah menerbitkan travel warning untuk kunjungan ke China dan demikian halnya dengan Dirjen WHO yang pada tanggal 30 Januari 2020 telah mengumumkan wabah virus corona yang awalnya berjangkit dari Wuhan, China telah menjadi darurat secara global,” tulis bunyi surat tersebut.

Adapun beberapa poin yang disampaikan dalam surat tersebut meliputi :

  1. Kami menyampaikan apresiasi kepada para pimpinan cabang olahraga yang telah menunda, membatalkan dan merubah kegiatan partisipasi event internasional dan kegiatan try out serta training camp di China.
  2. Sampai ada pemberitahuan resmi lebih lanjut dari Pemerintah atau pihak yang berwenang lainnya terkait situasi di China, kami menghimbau untuk tidak mengagendakan atau mengikuti program apapun yang dilaksanakan di China.
  3. Induk organisasi cabang olahraga agar pro aktif berkoordinasi dengan International Federation (IF) terkait pembatalan keikutsertaan atlet dalam mengikuti kejuaraan di China, untuk menghindari dampak administratif sebagai konsekuensi dari pembatalan keikutsertaan.
  4. Menyusun program/ agenda alternatif untuk pengganti kegiatan yang dibatalkan agar tidak mengganggu program latihan secara keseluruhan.

Akan tetapi, pihak Kemenpora tetap berharap induk organisasi cabang olahraga bisa pro aktif berkoordinasi dengan Federeasi Internasional terkait sehubungan dengan adanya pembatalan mengikuti kejuaraan di China.

BACA JUGA  Selain Menyehatkan, Olahraga Air Juga Menghilangkan Stress Kita Lho

Beberapa cabang olahraga pun diketahui sudah membatalkan keikusertaan tampil di China. Sebut saja seperti bulu tangkis yang membatalkan keikutsertaan di Lingshui China Masters 2020 pada 25 Februari hingga 1 Maret.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Cristiano Ronaldo Akan Memburu Rekor Baru Di Musim Ini

Cristiano Ronaldo sedang memburu rеkоr bаru dі Juvеntuѕ. Dіа аkаn mеnjаdі реmаіn реrtаmа уаng mencetak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *