Home / Info / Awas! Virus Korona Telah Merenggut Banyak Nyawa, Simak Faktanya!

Awas! Virus Korona Telah Merenggut Banyak Nyawa, Simak Faktanya!

Belakangan ini penduduk dunia sedang dihehohkan dengan sebuah virus yang sangat mematikan. Jumlah kematian akibat dari virus ini semakin hari semakin meningkat. Diketahui bahwa virus ini bersumber dari kota Wuhan, Tiongkok.

Sebuah pasar seafood Huanan diduga menjadi sumber virus ini dan banyak pengunjung yang jatuh sakit hingga dilarikan ke rumah sakit setelah berkunjung kesana. Anehnya, jumlah korban semakin cepat. Padahal, sebagain besar dari mereka tidak pernah berkunjung kesana.

Virus ini diketahui telah menyebar dari Wuhan ke beberapa provinsi di Cina dan luar negeri, termasuk Amerika serikat, Thailand, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya.

Virus yang dikenal juga sebagai 2019-nCoV itu dipahami adalah galur baru Korona virus yang sebelumnya belum diidentifikasi pada manusia.

Menurut organisasi kesehatan dunia, virus Korona adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa, hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Servere Acute Respiratory Syndrome (SARS).

image source : nytimes.com

Menurut WHO, tanda-tanda infeksi Virus Korona termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas.

Berikut beberapa fakta yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber nasional.

1.Puluhan Orang Meninggal Dunia

Pada 25 Januari, tercatat hampir 1.300 kasus yang terkonfirmasi, 41 kematian yang berhubungan dengan virus 2019-nCoV di China, menurut The New York Times. Pada 24 Januari, orang kedua, seorang perempuan di Chicago (Amerika Serikat) dipastikan memiliki virus. Kasus pertama diderita oleh seorang pria di negara bagian Washington. Kedua individu ini baru saja kembali dari Wuhan.

2.Virus Korona Menyebar ke Berbagai Negara

Virus yang dapat menyebabkan pneumonia tersebut pertama kali muncul di kota Wuhan, Tiongkok. Pemerintah Tiongkok mengatakan virus corona ini berasal dari hewan liar yang dijual di pasar seafood Huanan.

BACA JUGA  Kisah Dibalik Hari Valentine Yang Dinanti Setiap Pasangan

Sejak itu, para pelancong yang terinfeksi dari Wuhan telah menularkan virus tersebut ke negara-negara lain. Sampai saat ini, virus corona sudah menyebar ke tujuh negara. Mulai dari Thailand, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Amerika Serikat

3. Penularan Virus dari Manusia ke Manusia

Menurut CDC, virus ini bisa menular dari manusia ke manusia dalam kasus yang terbatas. Akan tetapi, penularan utama tampaknya dari hewan ke manusia.

CDC mengungkap bahwa virus korona bisa menyebar dari orang yang terinfeksi melalui udara (partikel virus dari batuk atau bersin), menyentuh atau berjabat tangan, perantara benda atau permukaan yang kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata Anda sebelum Anda mencuci tangan.

4. Belum Ada Vaksin

Virus yang menyebabkan wabah pneumonia di Wuhan, Tiongkok ini terbilang misterius. Para ahli mengidentifikasi sebagai virus corona jenis baru. Virus yang menyerang pernapasan itu dinamai dengan novel coronavirus atau 2019-nCoV.

Sebenarnya terdapat beberapa vaksin pneumonia yang ditujukan untuk mencegah pneumonia. Akan tetapi, vaksin tersebut tak bisa mencegah pneumonia yang sedang mewabah saat ini karena virus corona jenis baru. Oleh sebab itu, pemerintah Tiongkok mengkarantina kota Wuhan yang berpenduduk 11 juta orang

5. Apa Kata WHO?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menyatakan virus corona sebagai “public health emergency”. Ketetapan ini dinilai sementara karena virus ini merupakan kasus baru. Menurut Direktur Jenderal WHO, penetapan darurat kesehatan global ini akan terus berkembang sesuai dengan informasi baru yang diterima.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

5 Negara yang Ganti Menteri Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

Menteri Kesehatan adalah kementerian dalam Pemerintah yang membidangi urusan kesehatan. Kementerian Kesehatan berada di bawah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *