Home / Kesehatan / Begini Cara Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Bantuan Obat-obatan

Begini Cara Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Bantuan Obat-obatan

Sebagian orang ada yang mengalami kesulitan tidur tanpa sebab-sebab yang jelas. Badan telah dibaringkan tetapi mata enggan terpejam, sementara pikiran terus terjaga. Mengatasi sulit tidur biasanya meminum obat-obatan yang bisa membuat kita tidur

Namun, cara tersebut sebaiknya hanya dilakukan atas rekomendasi dokter, karena berisiko menimbulkan ketergantungan obat tidur.

Supaya lebih aman, Berikut rangkuman beberapa cara yang alami mengatasi sulit tidur, seperti di bawah ini dari Kitaberkata.com:

1. Bersiap tidur saat sudah benar-benar mengantuk

Beberapa orang mengatakan bahwa mereka mencoba tidur lebih awal sekitar jam 7-8 malam. Namun sayangnya, mereka hanya berbaring dan tetap sulit memejamkan mata.

Sebagai alternatifnya, Anda hanya perlu mengatur jadwal tidur saat benar-benar mengantuk. Jika Anda biasanya baru mengantuk pukul 9 malam, maka jangan sudah bersiap tidur dari pukul 7 malam. Cobalah untuk bersiap-siap tidur, saat Anda sudah benar-benar mengantuk. Dengan begitu, lama-kelamaan tubuh akan mendapatkan sinyal untuk terlelap di tempat tidur tepat waktu.

2. Tidak tidur di sofa

Apakah Anda cenderung lebih mudah terlelap saat duduk di sofa? Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan ini dengan melatih tubuh agar terbiasa tidur di tempat tidur. Anda juga bisa berolahraga ringan sebelum tidur. Semakin Anda aktif, maka semakin nyenyak tidur malam Anda. 

3. Tidak dianjurkan tidur siang

Apabila seseorang termasuk sulit tidur, tidak dianjurkan untuk tidur pada siang hari. Tidur siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya, pada malam hari menjadi sulit tidur atau sering terjaga.

4. Batasi penggunaan gadget di malam hari

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah jangan melakukan aktivitas yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Ingat, blue light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan sulit tidur.

BACA JUGA  Ternyata Jagung Menyimpan Banyak Manfaat

5. Batasi konsumsi kafein

Kafein bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam. Jadi, Anda perlu mengurangi konsumsinya. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tapi juga teh, minuman bersoda dan minuman penambah energi. Sebagai pengganti, Anda bisa minum susu hangat sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektif. Anda juga tidak disarankan mengonsumsi kafein setelah pukul 2 siang. 

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Mengenal Designer Mobil VW Dari Indonesia

Sаlаh satu mоbіl buatan Jerman yang sudah tеrkеnаl di bеrbаgаі nеgаrа, Volkswagen atau lеbіh dіkеnаl …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *