Wednesday , October 28 2020
Home / Horor / Seram!, Desa Di Bali Ini Tidak Membuat Ogoh-Ogoh Lagi Karena Bisa Hidup

Seram!, Desa Di Bali Ini Tidak Membuat Ogoh-Ogoh Lagi Karena Bisa Hidup

Warga Desa Pakraman Renon,  di Denpasar, Bali tidak membuat ogoh-ogoh. Mereka percaya, ogoh -ogoh buatan mereka akan hidup.

Sejak 1995, warga di Banjar tersebut absen membuat boneka raksasa beragam bentuk. Bendesa Adat, Desa Pakraman Renon, Made Sutama membenarkan tentang kepercayaan penduduk setempat. Bagi mereka, ogoh-ogoh menimbulkan bencana.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, sama seperti desa -desa lain di Bali, Desa Pakraman Renon membuat ogoh-ogoh pada 1986 . Tapi warga sekitar merasa, Ogoh-ogoh tersebut menjadi hidup. 

“Ogoh-ogoh itu  kreativitas anak muda. Seni (membuat ogoh-ogoh) itu berkaitan dengan agama Hindu,” kata Sutama di di Renon.

Ketika menggelar upacara, ogoh-ogoh dan warga siap mengarak keliling kota, menurut Sutama boneka itu mendadak bergerak . Kemudian, kesurupan melanda kawasan tersebut di  dua tempat berbeda. “Dari kesurupan itu memberikan petunjuk sama, warga tidak diizinkan mengarak ogoh-ogoh.”

Karena kejadian tersebut, warga ketakutan. Ogoh-ogoh itu batal pentas di jalan -jalan. “Para pengarak tidak berani. Ogoh-ogoh itu kemudian di prelina (di bakar).”

Hampir sepeluh tahun kemudian, warga desa tersebut kembali membuat ogoh-ogoh karena penasaran. Tapi kejadian 1986 lalu kembali terulang lagi. Ketika sedang melakukan upacara, boneka tersebut ‘hidup’.

Bahkan, menurut kesaksian Kelian (Kepala) adat Banjer Peken, Nyoman Suala membenarkan peristiwa tersebut. Dia menjadi saksi ogoh-ogoh buatan mereka seperti bernyawa, berjalan sendiri.

“Ya, benar ogoh-ogoh di sini. Bukan cuma bergerak, tapi jalan ogoh-ogoh itu. Saat itu saya masih remaja  akan mengangkat ogoh-ogoh itu untuk diarak,” kata dia.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

5 Lautan Angker Di Dunia

Di setiap penjuru dunіа tеntu mеmіlіkі tеmраt-tеmраt аtаu lоkаѕі yang рunуа сеrіtа mіѕtіѕ tersendiri. Jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *