Home / Kuliner / Bubur Kacang Hijau, Makanan Lezat dan Kaya Manfaat

Bubur Kacang Hijau, Makanan Lezat dan Kaya Manfaat

Bubur kacang hijau merupakan makanan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini kerap dikombinasikan dengan bubur ketan hitam, roti dan lainnya. Makanan ini mudah dibuat, dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena kelezatannya

Kali ini Kitaberkata.com telah merangkum beberapa manfaat bubur kacang hijau untuk kesehatan. Jadi mari kita simak baik-baik!

Manfaat bubur kacang hijau untuk kesehatan

Bubur kacang hijau terlihat sebagai hidangan yang begitu sederhana. Namun siapa sangka, ada berbagai manfaat di balik kenikmatan yang ditawarkannya untuk mengganjal perut Anda.

1. Mengurangi risiko kanker

Kacang hijau mengandung klorofil dalam kadar tinggi. Kandungan ini mampu menghalau efek karsinogenik dari hidangan daging yang dibakar dalam suhu tinggi. Jadi, jika Anda ingin menyantap hidangan yang dibakar menggunakan arang, jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran hijau, untuk menurunkan risiko terhadap kanker.

2. Meningkatkan kesuburan wanita dan menyehatkan kandungan

Bagi wanita usia produktif, mengonsumsi sayur maupun buah sumber zat besi, seperti bayam, kacang-kacangan, labu, maupun kacang hijau, ternyata bisa meningkatkan kesuburan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian Harvard Medical School, Amerika Serikat. Sementara itu, penelitian lain memperlihatkan adanya hubungan antara tingkat kesuburan wanita dengan kadar zat besi yang dikonsumsi.

Ibu hamil juga disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sumber asam folat, untuk mencegah janin dari kondisi cacat tabung saraf. Secangkir kacang hijau yang mampu memenuhi 10% asam folat dan 6% zat besi yang diperlukan tubuh setiap hari.

Menyandingkan makanan kaya zat besi dan sumber vitamin C tinggi seperti tomat, paprika, dan buah-buahan beri, bisa membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

3. Meringankan depresi

Memenuhi kebutuhan harian atas folat mampu meringankan kondisi depresi. Kacang hijau merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi ini. Mengonsumsi cukup folat bisa mencegah kelebihan asam amino bernama homosistein di dalam tubuh.

BACA JUGA  5 Kuliner Khas Indonesia Yang Memiliki Tampilan Aneh,Berani Coba?

Kadar homosistein yang berlebihan, akan menghambat darah serta nutrisi lain untuk mencapai otak. Selain itu, kadar homosistein yang terlalu tinggi pun bisa mengganggu produksi hornon-hormon kebahagiaan, seperti serotonin, dopamin, serta norepinefrin. Ketiganya memengaruhi mood, kualitas tidur, serta nafsu makan.

4. Menyehatkan tulang

Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko mengalami keretakan atau fraktur tulang. Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan sumber vitamin K, untuk meningkatkan kesehatan tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Secangkir kacang hijau bisa menjadi pilihan, karena mengandung 14,4 mikrogram vitamin K. Jumlah ini mungkin terlihat begitu sedikit, tetapi ternyata sudah mencapai 20% kebutuhan harian terhadap vitamin K. Masih dalam porsi yang sama, kacang hijau menawarkan 4% kebutuhan tubuh terhadap kalsium setiap harinya.

Itulah beberapa manfaat yang berada dalam bubur kacang hijau

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Resep Ayam Rica-Rica Khas Manado

Rica-rica merupakan bumbu khas Manado. Bumbu rica-rica biasanya dimasak dengan ayam. Tidak hanya ayam yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *