Home / Kesehatan / Cara Agar Tidak Terinfeksi Virus Corona
image source : ayosemarang.com

Cara Agar Tidak Terinfeksi Virus Corona

Virus corona bisa dikatakan ancaman bagi semua negara. Beberapa event-event internasional pun banyak dibatalkan, akibat takutnya terinfeksi virus corona. Sebelum kita terinfeksi, ada baiknya kita mencegahnya agar tidak terinfeksi oleh virus ini. Kali ini Kitaberkata.com akan memberi cara agar kalian tidak terinfeksi oleh virus corona.

1. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara tidak terinfeksi corona. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Jika sulit menemukan air dan sabun, Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

2. Menutup mulut saat bersin dan batuk

Penyebaran virus hanya terjadi bersin atau batuk tersebut langsung mengenai diri kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk menutup mulut saat kita bersin atau batuk.

3. Menggunakan masker saat beraktivitas

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

BACA JUGA  4 Makanan Cegah Virus Corona

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

5. Pentingnya pola hidup sehat dan konsumsi buah serta sayur

Untuk menjaga agar daya tahan tubuh kita kuat, Ari menyarankan agar kita memiliki pola hidup yang sehat, tidur cukup, dan mengonsumsi buah dan serta sayuran. Penyebaran awal virus Corona yang diduga berasa dari Wuhan, China, membuat banyak orang takut untuk mengonsumsi bahan makanan atau sayur dan buah yang diimpor dari China.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Tеh sudah ѕеjаk lama dіреrсауа bеrdаmраk positif bаgі kеѕеhаtаn. Manfaat teh jika di minum setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *