Thursday , October 29 2020
Home / Technology / Ini Dia Cara Kerja Teknologi Bluetooth Lacak Pasien Covid-19

Ini Dia Cara Kerja Teknologi Bluetooth Lacak Pasien Covid-19

Saat ini banyak perusahaan teknologi yang memanfaatkan teknologi bluetooth untuk disematkan ke sistem pelacakan pasien positif virus corona Covid-19. Namun tahukah kalian bagaimana cara kerja teknologi bluetooth tersebut?

Berikut Kitaberkata.com telah merangkum bagaimana cara kerja teknologi bluetooth tersebut, jadi mari kita simak baik-baik!

Sebut saja Google dan Apple, dua perusahaan raksasa teknologi AS ini mengklaim bahwa metode ini sebagai solusi terbaik untuk melakukan pelacakan dan penelusuran pasien virus corona baru.

Google dan Apple telah menerbitkan API (Application Programming Interface) yaitu perangkat lunak yang mengizinkan dua aplikasi terhubung satu sama lain.

Nantinya pengguna diharuskan untuk mengaktifkan Bluetooth, lalu pengelola akan mengumpulkan data dari perangkat Bluetooth lain yang dekat dengan pengguna. Jika ada masyarakat yang terjangkit Covid-19, maka pengelola akan memberikan sinyal peringatan untuk mengkarantina diri selama 14 hari.

Cara Kerja Teknologi Bluetooth

Sebetulnya, bagaimana cara kerja teknologi bluetooth pada sebuah sistem? Bluetooth pada dasarnya bekerja dengan menggunakan teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek untuk menghubungkan dua perangkat secara bersamaan.

Berkat teknologi ini, Anda dapat mentransfer data dari ponsel ke laptop hingga menghubungkannya ke speaker nirkabel untuk mendengarkan musik.

Secara teknis, koneksi nirkabel antara dua perangkat bluetooth dikenal sebagai tautan radio jarak pendek, frekuensi, dan ad hoc (jenis jaringan komputer berbasis wireless yang menghubungkan dua atau lebih perangkat).

Perangkat bluetooth ini dikelola menggunakan topologi RF atau yang lebih dikenal dengan ‘star topology’ atau topologi bintang, seperti dikutip North PS.

Berdasarkan tipologi bintang, akan ditunjuk satu Master dan tujuh budak (anak buah) yang aktif. Seorang Master bertanggung jawab untuk menyediakan sinkronisasi ke semua bawahannya (piconet).

Piconet merupakan istilah dari jaringan bluetooth yang dihasilkan oleh komunikasi antar peralatan bluetooth. Perangkat apa pun dapat menjadi bagian dari satu atau beberapa piconet. Ini yang membuat bluetooth semakin kuat.

Seperti dilansir Digital Trends, chip bluetooth memiliki standar minimum untuk menjangkau perangkat lain yaitu sekitar 10 meter. Selain itu, kecepatan transfer data bluetooth sebenarnya tidak begitu tinggi.

Artinya, ketika kita melakukan transfer data dalam jumlah yang besar maka akan memakan waktu lama.

BACA JUGA  AI yang Bisa Mendeteksi Kanker Lebih Akurat Dibanding Dokter

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Dampak Covid-19, Laba Foxconn Terendah dalam 20 Tahun

Wabah virus Covid-19 yang menyebar sejak awal 2020,banyak dampak Covid-19 yang diberikan kepada dunia termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *