Home / Tips / 5 Cara Menghilangkan Sifat Malas Pada Diri Kita Sendiri

5 Cara Menghilangkan Sifat Malas Pada Diri Kita Sendiri

Malas merupakan suatu sifat yang sangat berbahaya sebab dapat menjerumuskan kalian dalam kegagalan. Selain itu malas adalah ‘penyakit’ yang tidak ada obat kecuali berasal dari dirimu sendiri. Menghilangkan sifat malas sangat perlu dilakukan dan kemalasan datang pada saat kamu sudah merasakan zona nyaman dan sulit beranjak dari mana pun.

Berikut ini merupakan rangkuman dari Kitaberkata.com 5 cara agar kamu dapat menghilangkan sifat malas tersebut.

Cara Menghilangkan Sifat Malas

1. Komitmen.

Kalau kalian punya komitmen buat merubah rasa malas pasti akan ada hasilnya, namun jika komitmen berubah ubah atau cuma sekedar “besok aku gak mau gini lagi ah, harus berubah”, pasti bakal sedikit susah. Cobabalah untuk benar-benar niat dari hati yang paling dalam untuk berubah, pasti akan ada jalan dan lakukanlah

2. Motivasi diri sendiri.

Adakah yang pernah mendapatkan kalimat seperti “Yakin kamu bisa sukses kalau kamu saja pemalas”? Jika kamu mendapatkan kalimat tersebut dari orang lain, jadikan sebagai motivasi buat dirimu sendiri dan buktikan kalau kamu bisa menjadi lebih baik dan tak lagi malas.

3. Mengatur Jadwal

Selain menghilangkan celah untuk bermalas-malasan, cara menghilangkan rasa malas selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengatur jadwal untuk rutinitas harianmu. Biasakan diri untuk membuat catatan agar kamu bisa lebih disiplin dan terorganisir.

Bila perlu, berikan batas waktu atau deadline pada diri sendiri dalam menyelesaikan suatu kegiatan maupun pekerjaan. Tidak hanya terbatas pada rutinitas di kantor, tapi juga aktivitas pribadi. Contohnya waktu yang kamu habiskan untuk makan atau menelusuri sosial media.

4. Menyusun prioritas dan waktu

Jika harus menyelesaikan banyak pekerjaan, ada baiknya kamu menyusun prioritas dan membagi waktu dengan saksama. Buatlah daftar tugas-tugas yang perlu kamu kerjakan, lalu perkirakan waktu yang sekiranya akan kamu habiskan dalam masing-masing tugas.

BACA JUGA  Cara Menghindarkan Anak Kecil dari Kecanduan Gadget

Kamu dapat mengerjakan tugas yang ringan dengan waktu paling singkat lerlebih dulu, sebelum beralih ke pekerjaan yang dinilai lebih berat dan butuh waktu lebih lama.

Apabila ada tugas yang dirasa terlalu berat, bagilah tugas tersebut ke dalam beberapa bagian. Dengan ini, kamu bisa menyelesaikannya secara bertahap sehingga kamu tidak kewalahan dan waktumu terpakai dengan efektif.

Selain kamu bisa lebih efisien, menyelesaikan tugas-tugas tersebut juga dapat memberimu kepuasan tersendiri. Kamu akan lebih termotivasi karena berhasil mencapai tujuan yang kamu ciptakan sendiri.

5. Hindari mengeluh dan hargai pekerjaanmu

Sebagian besar orang mungkin merasa bahwa pekerjaannya kurang cocok dengannya atau bahkan bukan profesi impiannya. Anggapan ini tidak jarang mampu mengikis semangat dan menjadi sumber kemalasan.

Apabila pengalaman tersebut menderamu, hindarilah mengeluh berkepanjangan tentang keburukan dalam pekerjaanmu dan belajarlah untuk bersyukur. Kamu bisa memulainya dengan mencatat keuntungan yang kamu dapatkan dari pekerjaan maupun perusahaanmu atau bagian dari pekerjaanmu yang kamu nikmati.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Tips Menjaga Keuangan Pada Masa Pandemi Corona

Pandemi virus corona atau Covid-19 bisa saja membuat orang khawatir tentang banyak hal. Salah satu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *