Home / Kesehatan / Lakukan ini, Agar Jantung Tetap Sehat
image source : doktersehat.com

Lakukan ini, Agar Jantung Tetap Sehat

Jantung adalah rongga organ berotot yang memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Di dalam darah terkandung oksigen dan nutrisi yang nantinya kan di suplai ke semua tubuh dan juga membantu menghilangkan sisa sisa dari metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

Peran jantung sangatlah penting bagi manusia, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan jantung kita. Kali ini Kitaberkata.com akan memberikan cara untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Konsumsi makanan sehat

Beri asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan hindari kalori berlebih. Kurangi mengonsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan yang banyak mengandung kalori kosong dan tinggi bahan pengawet. Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah secara rutin agar memberi dampak baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, ganti camilan atau makanan ringan dengan kacang-kacangan karena mengandung protein dan lemak sehat.

2. Berhenti/jauhi merokok

Selamat! Sebagai perokok aktif, kamu memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner yang jauh lebih tinggi, bukan hanya risiko terhadap paru paru. Nggak hanya kamu, tetapi orang-orang di sekitarmu yang berperan sebagai perokok pasif juga mengalami hal yang sama. Penyebabnya, nggak lain nggak bukan gara-gara zat beracun yang ada dalam rokok.

3. Olahraga rutin jadi keharusan

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan secara umum, dan jantung secara khusus adalah olahraga. Setidaknya setiap hari harus mengolah tubuh selama 30 menit agar badan tetap fit dan senantiasa menjaga kesehatan jantung.

4. Kurangi berat badan berlebih

Tak perlu diragukan lagi bahwa obesitas atau kegemukan selalu erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular. Orang bertubuh gemuk cenderung terserang penyakit jantung koroner dibandingkan orang dengan orang berberat badan normal.

BACA JUGA  4 Makanan Cegah Virus Corona

Menurut American Heart Association, kegemukan meningkatkan gangguan detak jantung stroke, gagal jantung, dan pembekuan darah. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghilangkan beberapa kilogram berat tubuh Anda akan menjaga jantung untuk tetap sehat.

5. Perbanyak minum air putih

Rajin minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pengidap penyakit jantung, perlu menanyakan kepada dokter apakah ia perlu membatasi jumlah cairan yang diminum setiap hari. Perlu diingat, bukan hanya berapa banyak yang diminum. Sumber cairan lain juga perlu diperhitungkan, seperti es krim, agar, dan sup.

Jika memang perlu membatasi cairan, timbanglah berat badan setiap pagi. Peningkatan berat badan yang cepat bisa menjadi pertanda bahwa cairan menumpuk di dalam tubuh.

6. Istirahat yang cukup

Terakhir, usahain buat tidur selama 7—8 jam setiap hari, ini yang paling murah lho karena kamu ngga ada biaya sama sekali. Kurang istirahat bisa meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung. Terus, kamu juga jangan terlalu stres menghadapi drama dalam hidup ini. Ya, namanya hidup kan memang panggung sandiwara.

7. Kelola stres

Jangan remehkan stres yang mungkin disepelekan efeknya pada tubuh. Padahal stres juga bisa menjadi momok bagi kesehatan jantung. Ketika stres, detak jantung akan meningkat, otot menegang, dan tekanan darah menjadi naik.

Jika hal ini berlangsung dan dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu akan memengaruhi kesehatan jantung Anda. Biarkan diri untuk bersantai sambil menikmati udara segar untuk melepas penat sejenak dari segala aktivitas atau kepenatan saat bekerja.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Tеh sudah ѕеjаk lama dіреrсауа bеrdаmраk positif bаgі kеѕеhаtаn. Manfaat teh jika di minum setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *