Home / Komputer / Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Nggak Cepat Rusak.

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Nggak Cepat Rusak.

Tak heran jika kini banyak produsen mulai mengeluarkan laptop dengan harga miring untuk menarik pasar. kamu harus tahu bagaimana cara merawat laptop dengan benar. Jika kamu asal memperlakukannya, performa laptop bisa jadi menurun dan akhirnya cepat rusak.

Kalau sudah begini, kamu jadi harus keluar uang lebih untuk biaya servis. Sebelum terlanjur bermasalah, berikut beberapa cara yang dirangkum Kitaberkata.com biar laptop barumu nggak gampang rusak, lebih awet dan yang pastinya tidak cepat lemot.

Cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak

1. Perbarui sistem operasi lebih rutin

Cara merawat laptop yang paling gampang adalah perbarui sistem. Bagi pengguna Windows, kamu bisa mengaktifkan ‘Windows Update’ di menu Control Panel. Selain sistem operasi, kamu juga perlu memastikan kalau aplikasi yang terhubung dengan internet juga kamu perbarui, seperti Google Chrome misalnya. Advertisement

2. Jangan lupa pasang dan perbarui software anti virus di laptop barumu secara berkala

Kalau nggak mau antivirus berjalan sebagai latar belakang secara real time, kamu bisa pakai MalwareBytes yang bisa otomatis memindai laptopmu tiap seminggu sekali. Atau kamu bisa mengatur scaning di software anti virus yang lain, SmadaV misalnya. Gunakan salah satu antivirus aja, ya!Advertisement

3. Pastikan kamu sudah menghapus Bloatware sebelum laptop mulai digunakan

Sebab, aplikasi bisa memenuhi memori internalmu meski nggak dipakai. Pasanglah Bulk Instaler supaya aplikasi Bloatware benar-benar bisa hilang dari sistem operasi laptopmu.

4. Optimalisasi daya baterainya dengan mengatur beberapa hal di laptopmu

Misalnya, mengurangi kecerahan layar dan menggunakan fitur Sleep atau Hibernete saat laptop sedang tak digunakan. Sepele tapi ternyata sangat berpengaruh ke ketahanan daya laptop lo!

BACA JUGA  Jangan Ngasal Mencuci Tangan! Begini Caranya Mencuci Tangan Dengan Sabun yang Baik dan Benar

5. Cara merawat laptop dengan baik juga berarti mesti menjaga keamanannya

Pasanglah software anti pencuri dan aktfikan password di laptopmu. Bagi pengguna Windows, kamu bisa memanfaatkan fitur Find My Device jika sewaktu-waktu laptop hilang dan sulit ditemukan.

6. Agar file yang disimpan di laptop selalu aman, kamu mesti mengaktifkan fitur backup otomatis

Umumnya, masing-masing sistem operasi punya software bawaan yang berbeda. Misalnya Windows 10 memiliki dengan System Restore atau Recovery Drive Creator. Atau, MAC dengan fitur Time Machine.

7. Backup sudah aktif, kini saatnya kamu menambahkan penyimpanan Cloud

Nantinya, Cloud akan sangat membantu jika suatu hari nanti laptop rusak atau dicuri. Setidaknya, jika pakai Cloud, data di dalam masih bisa kamu akses. Ada tiga layanan penyimpanan yang bisa kamu pakai, seperti Dropbox, Google Drive, dan One Drive.

8. Cara merawat laptop baru lain yang bisa dilakukan ialah meminimalisir suhu panas di mesinnya 

Karena sirkulasi udaranya yang kurang bagus, laptop jadi lebih cepat panas ketimbang CPU maupun tablet. Makanya, kamu mesti memastikan laptop berada di suhu yang pas agar tak mengalami penurunan performa dan merusak hardisk internal. Nah, salah satu cara yang bisa kamu pakai ialah dengan menaruh cooling pad sebagai tatakan laptop.

9. lakukan Perawatan berkala agar tidak Lemot

Selain itu kamu juga harus melakukan perawatan berkala agar laptopmu tidak lemot. Ada bnyak cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat mempercepat kinerja laptop/komputer agar tidak lambat . Salah satunya adalah melakukan Disk Defragmenter dan Disk CleanUp

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Tips Fotografi Hanya Dengan Menggunakan Kamera HP, Dijamin Bagus!

Tips belajar fotografi hanya dengan menggunakan kamera HP – Siapa sih yang gak pengen hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *