Monday , September 20 2021
suara.com

Cara Penanganan Virus Corona Terhadap Anak anak

Virus corona terhadap anak sudah termasuk ke dalam pendemi, karena virus corona temasuk kedalam virus baru di dunia dan virus ini sudah mengganggu banyak orang. Beberapa event-event dunia juga banyak dibatalkan karena penyebaran virus ini.

Kali ini Kitaberkata.com akan memberikan penanganan terhadap virus corona, namun kali ini Kitaberkata.com akan lebih berfokus kepada penanganan virus corona terhadap anak anak. Peran Orang tua dan guru sangatlah penting untuk mengedukasi anak-anak, so disimak ya.

Ketahui Fakta Terbaru

kompas.com

Memahami informasi dasar tentang penyakit virus corona (COVID-19), termasuk gejalanya, komplikasinya, bagaimana penularannya dan bagaimana mencegah penularannya.

Tetap terinformasi tentang COVID-19 melalui sumber-sumber yang memiliki reputasi seperti UNICEF dan WHO dan penasihat kementerian kesehatan nasional. Waspadai informasi / mitos palsu yang dapat beredar melalui mulut ke mulut atau online.

Kenali Gejala COVID-19 (batuk, demam, sesak napas) Pada Anak

orami.co.id

Carilah saran medis dengan terlebih dahulu menghubungi fasilitas / penyedia kesehatan kalian dan kemudian bawa anak kita, jika disarankan.

Ingatlah bahwa gejala COVID-19 seperti batuk atau demam dapat mirip dengan flu, atau flu biasa, yang jauh lebih umum. Jika anak kita sakit, jauhkan dari rumah dan beri tahu sekolah tentang ketidakhadiran dan gejala anak kita.

Minta membaca dan tugas sehingga siswa dapat terus belajar saat di rumah. Jelaskan kepada anak kita apa yang terjadi dengan kata-kata sederhana dan yakinkan mereka bahwa mereka aman.

Jagalah Anak-anak di Sekolah Saat Sehat

liputan6.com

Jika anak kita tidak menunjukkan gejala apa pun seperti demam atau batuk, sebaiknya tetap di sekolah, kecuali jika penasihat kesehatan masyarakat atau peringatan terkait lainnya atau nasihat resmi telah dikeluarkan yang memengaruhi sekolah anak kita.

Alih-alih menjauhkan anak-anak dari sekolah, ajari mereka praktik-praktik kebersihan tangan dan pernapasan yang baik untuk sekolah dan di tempat lain, seperti sering mencuci tangan (lihat di bawah), menutupi batuk atau bersin dengan siku atau jaringan yang tertekuk, kemudian membuang jaringan ke tempat sampah yang tertutup, dan tidak menyentuh mata, mulut, atau hidung mereka jika mereka tidak mencuci tangan dengan benar.

Cuci tangan dengan benar

enimekspress.co.id

Langkah 1: Basahi tangan dengan air mengalir yang aman.

Langkah 2: Gunakan sabun yang cukup untuk menutupi tangan basah

Langkah 3: Gosok semua permukaan tangan – termasuk punggung tangan, di antara jari dan di bawah kuku – selama setidaknya 20 detik

Langkah 4: Bilas bersih dengan air mengalir

Langkah 5: Keringkan tangan dengan kain bersih, kering, handuk sekali pakai, atau pengering tangan

Sering-seringlah mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah makan; setelah meniup hidung, batuk, atau bersin; pergi ke kamar mandi / toilet / kakus dan setiap kali tangan kita terlihat kotor. Jika sabun

dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol dengan setidaknya 60% alkohol. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air, jika tangan tampak kotor.

Bantu anak-anak mengatasi stres

alodokter.com

Anak-anak dapat merespons stres dengan berbagai cara. Tanggapan umum termasuk mengalami kesulitan tidur, mengompol, mengalami sakit di perut atau kepala, dan menjadi cemas, ditarik, marah, lengket atau takut ditinggalkan sendirian.

Tanggapi reaksi anak-anak dengan cara yang mendukung dan jelaskan kepada mereka bahwa itu adalah reaksi normal terhadap situasi yang tidak normal. Dengarkan keprihatinan mereka dan luangkan waktu untuk menghibur mereka dan beri mereka kasih sayang, meyakinkan mereka bahwa mereka aman dan sering memuji mereka.

Jika memungkinkan, ciptakan peluang bagi anak-anak untuk bermain dan bersantai. Pertahankan rutinitas dan jadwal rutin sebanyak mungkin, terutama sebelum tidur, atau bantu buat yang baru di lingkungan baru.

Berikan fakta sesuai usia tentang apa yang telah terjadi, jelaskan apa yang terjadi dan berikan mereka contoh yang jelas tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari infeksi. Bagikan informasi tentang apa yang bisa terjadi dengan cara yang meyakinkan.

1. Pantau kesehatan anak kita dan jauhkan dari sekolah jika mereka sakit.

2. Ajarkan dan contohkan praktik kebersihan yang baik untuk anak-anak kita.

3. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol dengan setidaknya 60% alkohol. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air, jika tangan tampak kotor

4. Pastikan air minum yang aman tersedia dan toilet atau jamban bersih dan tersedia di rumah

5. Memastikan limbah dikumpulkan, disimpan, dan dibuang dengan aman

6. Batuk dan bersin ke tisu atau siku kita dan hindari menyentuh wajah, mata, mulut, hidung kita

7. Dorong anak-anak kita untuk bertanya dan mengungkapkan perasaan mereka kepada kita dan guru mereka. Ingatlah bahwa anak kita mungkin memiliki reaksi yang berbeda terhadap stres; sabar dan pengertian.

8. Cegah stigma dengan menggunakan fakta dan mengingatkan siswa untuk saling memperhatikan

9. Berkoordinasi dengan sekolah untuk menerima informasi dan bertanya bagaimana kita dapat mendukung upaya keselamatan sekolah (meskipun komite orang tua-guru, dll.)

Itulah cara penangan terhadap virus corona terhadap anak anak. Kalian harus memberikan perhatian lebih kepada anak-anak kalian.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Tеh sudah ѕеjаk lama dіреrсауа bеrdаmраk positif bаgі kеѕеhаtаn. Manfaat teh jika di minum setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =