Wednesday , August 5 2020
Home / Kesehatan / Jangan Terlalu Sering Diam Di Depan Komputer
image source : style.tribunnews.com

Jangan Terlalu Sering Diam Di Depan Komputer

Hampir semua orang setiap harinya memiliki kesibukan di depan layar komputer. Tidak bisa dipungkiri lagi, entah mereka menyelesaikan pekerjaan, tugas, bermain game, menonton film, atau sekedar browsing. Eitss tapi kalian harus mengetahui ini, diam terlalu sering di depan komputer itu tidak baik bagi kesehatan. Kali ini Kitaberkata.com akan membahas dampak sering depan komputer.

Gangguan Mata

Dampak sering depan komputer yang pertama adalah masalah gangguan pada mata memang menjadi salah satu problem umum yang menimpa para pengguna komputer. Pada saat di depan layar komputer, kita cenderung jarang untuk mengedipkan mata, sehingga membuat mata jadi cepat kering. Nah, mata kering ini lah yang dapat mengganggu kesehatan mata dan menurunkan tingkat penglihatan mata kita. Selain itu, syaraf mata kita jadi lebih tegang, sehingga mata jadi cepat lelah. Radiasi yang dipancarkan dari layar monitor juga tidak baik untuk kesehatan mata kita.

Untuk itu, saat bekerja di depan komputer usahakan kita menyesuaikan dahulu tingkat kecerahan layar komputer agar tidak terlalu terang, atau istirahatkan mata kamu sejenak dengan sering berkedip atau dengan mengalihkan pandangan kita sejenak pada objek lain.

Sakit bagian punggung

Rasa sakit pada punggung sering dialami mereka yang sering berada di depan komputer terlalu lama. Sakit punggung tersebut dikarenakan Anda terlalu lama duduk pada posisi yang sama, bahkan dengan posisi yang salah. Untuk mencegah dan mengurangi sakit punggung, Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga seperti sit up, yoga atau pilates. Selain itu Anda juga bisa mengatur posisi duduk yang tepat agar tidak mudah sakit punggung.

Munculnya garis-garis halus pada wajah

Bagi wanita yang sering berada di depan layar monitor, waspadai garis-garis halus pada wajah Anda. Seringnya Anda melakukan ekspresi serius saat berada di depan layar komputer, hal ini bisa memunculkan garis-garis halus atau kerutan pada sekitar mata dan alis. Untuk mencegah kerutan tersebut maka Anda bisa menggunakan krim atau pelembab disekitar mata dan alis.

BACA JUGA  5 Dampak Positif Virus Corona Bagi Kesehatan Masyarakat

Sakit Leher

Posisi duduk yang tidak benar secara tidak langsung juga akan mempengaruhi posisi leher. Terkadang, saat di depan pc atau laptop, leher kita cenderung menekuk. Nah, posisi leher seperti ini lah yang akan menyebabkan leher menjadi kaku. Tapi, kamu tidak boleh menganggap remeh ya karena jika dibiarkan terus menerus, bisa mengakibatkan sakit leher yang kronis lho!

Pusing Jangan heran jika Anda sering pusing karena terlalu lama berada di depan layar monitor komputer. Cahaya fluorescent yang ditimbulkan oleh komputer bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala, sehingga mereka yang sering berada di depan komputer memiliki peluang cukup besar untuk mengalaminya.

Sumber : Dari berbagai informasi

Check Also

Gejala Alergi Dingin dan Begini Cara Menghilangkannya

Gejala alergi dingin adalah biduran yang muncul akibat udara dingin. Dinginnya udara yang ditambah dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *