image source : carmudi.co.id

Faktor Penyebab Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Kita harus fokus dalam berkendara, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa dari kasus kecelakaan saat berkendara, faktor penyebabnya sepertinya itu-itu saja. Kali ini kitaberkata.com akan membahas faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.

Kurangnya Konsentrasi di Jalan Raya

Kurangnya konsentrasi di jalan raya salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Saat berkendara di jalan raya, pengendara dituntut untuk memiliki konsentrasi tinggi. Sebab, konsentrasi pengendara sepeda motor bisa teralihkan dengan banyak hal lain. Misalnya, akibat mengantuk, melakukan panggilan telepon sambil berkendara, melamun, hingga mendengarkan lagu saat berkendara.

Pengendara / Pengemudi Mengantuk

Dari hasil analisis data statistik, manusia atau pengemudipunya andil besar sebagai penyebab kecelakaan di jalan raya.

Penyebabnya bisa dari kondisi fisik dan mental, sikapberkendara, keterampilan mengemudi yang buruk, serta pengaruh alkohol.

Berperilaku Tidak Tertib

Hal ini sejalan dengan peningkatan pelanggaran lalu lintaspada tahun 2019 dari tahun sebelumnya, yakni 7.456.913 pelanggaran tilang.Selain itu, ada setidaknya 3.620.393 pelanggaran dengan sanksi berupa teguran.

Banyak perilaku tidak tertib yang dilakukan pengendarasepeda motor. Mulai dengan melawan arus, tidak menggunakan helm, meneroboslampu merah, hingga melaju di jalur cepat atau jalur busway.

Kendaraan

Ini berhubungan dengan kondisi laik jalan dari sepeda motoratau mobil yang digunakan untuk berkendara.

Seperti  sistempengereman, kondisi ban, atau sistem kemudi yang tidak berfungsi, atau bahkanmodifikasi yang tidak sesuai dengan aturan keselamatan

Jalan

Faktor jalan ini seperti desain geometrik jalan dan layoutyang tidak sesuai, kondisi permukaan jalan yang kurang memenuhi syarat(berlubang), fasilitas pejalan kaki tidak memadai, pencahayaan jalan.

Aksi Mendahului Kendaraan Lain

Pengendara biasanya tidak dapat memperkirakan hal-hal yangdapat terjadi setelah melewati sebuah kendaraan. Oleh karena itu sangat pentinguntuk bisa menahan diri tidak mendahului kendaraan. Apalagi jika tidak yakinmengenai situasi jalan sekitar atau di depan kendaraan kita.

Terlalu Memacu Kendaraan

Ini banyak terjadi saat seseorang sedang berada dalamsituasi buru-buru atau mengejar waktu agar tidak terlambat. Hal ini tentunyasangat berbahaya. Kendaraan yang dipacu terlalu cepat akan lebih banyakberpotensi mengalami kecelakaan.

Lingkungan/Cuaca

Saat hujan jalanan biasanya licin, dan sering terjadikendaraan yang slip. Faktor ini bisa dibilang cukup berkontribusi terhadapkecelakaan.

Jadi itulah faktor-faktor penyebab terjadi kecelakaan saat berkendara, ingat sobat kitaberkata utamakan keselamatan.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Ukuran Otak Berpengaruh Pada Jumlah Teman yang Anda Miliki

Berapa banyakkah kalian punya teman sampai saat ini?. Pernahkah kamu berfikir bahwa ukuran otak ternyata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − five =