Home / Gadget / Samsung Galaxy Fold 2 Pakai Layar UTG Lebih Besar dan Dukung 120Hz

Samsung Galaxy Fold 2 Pakai Layar UTG Lebih Besar dan Dukung 120Hz

Satu tahun menjelang perilisan Galaxy Fold, wajar bila produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut telah menyiapkan suksesornya, Samsung Galaxy Fold 2. Rumornya pun sudah mulai bertebaran, baik render desain hingga kini spesifikasi yang cukup detail, membawa peningkatan signifikan pada layarnya.

Berikut adalah ulasang yang dirangkum dari Kitaberkata.com dari berbagai sumber:

Samsung Galaxy Fold 2 diduga kuat akan memiliki layar lebih besar dari pendahulunya. Tidak hanya itu, seri ini akan menggunakan layar Ultra Thin Glass seperti di Galaxy Z Flip.

Galaxy Fold 2 rencananya akan hadir dengan layar dalam berukuran 7,7 inci. Ukuran ini lebih besar 0,4 inci dari generasi sebelumnya. Sementara di bagian luar, terdapat layar dengan ukuran 6,23 inci. Di versi Galaxy Fold sebelumnya, layar luar ini hanya berukuran 4,6 inci. Kabarnya Samsung memberikan ukuran layar lebih besar untuk mengikuti tren layar penuh. 

Layar dalamnya akan mendukung refresh rate 120Hz. Dukungan ini sebelumnya sudah terdapat di Galaxy S20 dan akan kembali hadir di Fold 2. Tidak hanya itu, material layarnya juga sudah berbeda jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. 

Layar utama Galaxy Fold 2 akan mengadopsi teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) backplane yang dikembangkan oleh Apple, sudah digunakan pada smartwatch Apple Watch Series 4 & 5 mereka. Lewat teknologi ini, konsumsi dayanya bisa lebih irit 5 sampai 15 persen jika dibandingkan dengan LTPS AMOLED.

Di Galaxy Fold, layarnya menggunakan material bernama PI (polyimide) transparan, yang merupakan plastik khusus. Kala itu PI digadang-gadang menjadi material utama smartphone lipat. Namun di versi terbaru, Samsung memberikan layar Ultra Thin Glass. 

Ultra Thin Glass (UTG) sudah pernah sebelumnya digunakan Samsung pada produk Samsung Galaxy Z Flip. Singkatnya, material ini merupakan kaca yang dibuat setipis mungkin agar dapat dilengkungkan tanpa harus merusaknya. Samsung menyebut ketebalannya hanya 30µm. Hal ini membuat Galaxy Fold 2 menjadi produk kedua yang menggunakan UTG. 

BACA JUGA  2020, Ponsel Poni Mulai Ditinggalkan?

Sementara layar depan nya masih mengandalkan PI, namun dengan ukuran yang lebih besar. Salah satu yang menarik dari layar cover Galaxy Fold 2 adalah kamera depannya hadir dengan konsep punch hole. Dengan begini, Samsung bisa menambahkan ukuran layar di bagian cover menjadi 6,23 inci. 

Untuk diketahui, dalam infografis tersebut, produksi Galaxy Fold 2 diperkirakan akan berjumlah 300.000 unit dalam sebulan. Produk ini ditargetkan akan dapat terjual sebanyak 3 juta unit dalam satu tahun. Angka ini masih jauh di bawah Galaxy S series dan Note Series. Masing-masing memiliki prediksi penjualan sebesar 30 juta dan 10 juta unit. 

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Earphone Vivo TWS Neo Telah Resmi Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan

Vivo merupakan perusahaan teknologi yang saat ini telah masuk kembali ke dalam jajaran smartphone dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *