Home / Kesehatan / Gejala Alergi Dingin dan Begini Cara Menghilangkannya

Gejala Alergi Dingin dan Begini Cara Menghilangkannya

Gejala alergi dingin adalah biduran yang muncul akibat udara dingin. Dinginnya udara yang ditambah dengan kelembapan tinggi membuat sejumlah penyakit lebih mudah menular, sebut saja flu dan batuk.

Selain flu dan batuk, udara dingin juga bisa memicu alergi. Alergi akibat suhu udara yang rendah umumnya disebut dengan ‘alergi dingin’. Alergi dingin biasanya muncul di pagi dan malam hari, atau bisa juga di sepanjang hari saat tubuh terpapar udara dingin.

Selain itu ada beberapa ciri-ciri lain dari alergi dingin misalnya:

  • Kulit memerah disertai rasa gatal sesaat setelah terpapar dengan suhu yang dingin
  • Pembengkakan pada tangan atau kaki ketika menyentuh benda yang dingin
  • Pembengkakan pada mulut ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin 

Sementara, ciri-ciri alergi dingin yang sudah parah, termasuk:

  • Reaksi anafilaksis, yang menyebabkan syok, tekanan darah menurun secara mendadak, penyempitan saluran napas, denyut nadi melemah, mual dan muntah, hingga pingsan.
  • Pembengkakan di lidah dan tenggorokan sehingga membuat Anda sulit bernapas.

Pada sebagian orang, urtikaria dingin atau alergi dingin dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan. Akan tetapi, pada orang-orang lainnya, alergi dingin dapat berlangsung lebih lama, seperti berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

Sebenarnya, tidak ada pengobatan yang tepat untuk alergi dingin, tetapi ada cara menghilangkan gejala alergi dingin yang bisa dilakukan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Membuat tubuh tetap hangat

Salah satu cara menghilangkan alergi dingin adalah membuat tubuh tetap hangat. Pastikan tubuh Anda tetap hangat sehingga kulit Anda tidak cepat bereaksi terhadap suhu dingin di luar. 

Misalnya, saat memasuki cuaca dingin atau musim hujan atau bepergian ke wilayah yang sejuk dan dingin, pastikan Anda selalu menggunakan jaket, sarung tangan, dan kaus kaki sebelum ke luar rumah. 

BACA JUGA  Kepribadian Seseorang Yang Punya Golongan Darah O

Kemudian, begitu kembali ke rumah, segera pakai selimut agar tubuh Anda tetap hangat. Dengan ini, Anda akan terlindungi dari ruam kulit yang disertai gatal-gatal. 

2. Menghindari pemicu alergi dingin

Cuaca dingin dapat menjadi pemicu alergi dingin yang paling utama. Tetapi, berada di ruangan bersuhu dingin, berenang, atau mandi juga dapat menyebabkan gejala alergi dingin. 

Nah, cara menghilangkan alergi dingin berikutnya adalah menghindari pemicu tersebut untuk sementara waktu. Jika gejalanya mulai muncul setelah Anda terpapar udara AC yang dingin, matikan AC atau segera pindah ke tempat yang lebih hangat. 

3. Menggunakan obat antihistamin

Memang tidak ada jenis obat-obatan khusus untuk mengatasi alergi dingin. Namun, ada beberapa obat alergi dingin yang biasanya diresepkan oleh dokter sebagai cara menghilangkan alergi dingin. 

Salah satu obat alergi dingin yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan kulit gatal dan bengkak akibat biduran saat alergi dingin kambuh adalah obat antihistamin. 

Beberapa contoh obat antihistamin untuk gatal dan bengkak akibat biduran adalah loratadine, cetirizine, dan desloratadine. 

Selain itu, obat golongan steroid glukokortikoid juga dapat diresepkan oleh dokter, tetapi tergantung seberapa parah gejala alergi dingin yang dialami.

4. Menggunakan obat omalizumab

Omalizumab adalah cara menghilangkan alergi dingin yang menimbulkan gatal dan bengkak melalui obat.

Jenis obat ini akan diresepkan untuk orang dengan alergi dingin yang tidak berhasil menggunakan obat antihistamin dan jenis obat alergi lainnya. 

Obat ini tidak dapat digunakan sembarangan karena harus disuntikkan ke permukaan kulit. Umumnya, obat omalizumab diresepkan oleh dokter untuk mengobati gejala alergi dingin yang bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. 

5. Menyediakan suntikan epinefrin

Jika alergi dingin yang Anda alami cenderung parah, mudah kambuh, menyebabkan syok anafilaksis dan berisiko fatal, sebaiknya selalu sediakan suntikan epinefrin jenis portable atau mudah dibawa ke mana saja. 

BACA JUGA  AWAS ! 7 Gejala Ini Akibat Kebanyakan Mengonsumsi Produk Olahan Susu

Suntikan epinefrin adalah salah satu jenis obat sebagai cara menghilangkan alergi dingin yang digunakan untuk mencegah reaksi alergi dingin yang berlebihan. 

Tetapi, pastikan terlebih dahulu Anda sudah diizinkan oleh dokter sebelum menggunakan dan membawanya ke mana saja. 

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Begini Cara Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Bantuan Obat-obatan

Sebagian orang ada yang mengalami kesulitan tidur tanpa sebab-sebab yang jelas. Badan telah dibaringkan tetapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *