Wednesday , September 23 2020
Home / Info / Gunung Merapi Erupsi, Kolom Abu Capai 5.000 Meter
liputan6.com/

Gunung Merapi Erupsi, Kolom Abu Capai 5.000 Meter

Gunung Merapi erupsi pada tanggal 27 Maret 2020 pada pukul 10.56 WIB. Dengan ketinggian kolom erupsi ±5.000 meter diukur dari puncak gunung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 milimeter dan durasi 7 menit. Selain itu, visual Erupsi merapi tersebut juga terekam oleh kamera pemantau milik BPPTKG yang berada di Pasar Bubrah Gunung Merapi.

Disebutkan pula dalam cuitan BPPTKG, ketika Gunung Merapi erupsi hari ini terpantau arah angin bergerak ke Barat Daya.

“Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 27 Maret 2020 pukul 10.56 WIB. Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 75 mm dan durasi 7 menit.” tulis @BPPTKG.

image source: hitekno.com

“Teramati tinggi kolom erupsi ± 5.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke Barat Daya.” lanjut cuitan tersebut.

BPPTKG juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Namun tetap waspada antisipasi gangguan akibat abu vulkanik yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Merapi.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa serta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.” pesan BPPTKG.

Dengan adanya erupsi Gunung Merapi ini status yang sudah ditetapkan sebelumnya masih sama.

Status Gunung Merapi hingga kini belum berubah, masih berada di level II atau waspada. Status waspada ini bertahan sejak ditetapkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) tanggal 22 Mei 2018 lalu.

Dijelaskannya, pada tahun-tahun sebelumnya status waspada Merapi hanya bertahan beberapa minggu dan bulan. Namun aktivitas efusif kali ini berbeda, tercatat sejak Mei 2018 status Merapi bertahan di level II atau waspada.

Kabar dari warga sekitar belum ada dampak yang ditimbulkan oleh erupsi yang terjadi oleh erupsi Gunung Merapi saat ini. Namun warga.

BACA JUGA  Baru!, Whatsapp Mengeluarkan Dark Mode, Ini Dia Cara Mengaktifkannya

Itulah pengumuman dari BPPTKG mengenai Gunung Merapi yang erupsi. Masyarakat diharapkan dan dihimbau untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya dan untuk tetap tenang, namun tetap waspada antisipasi terhadap gangguan abu vulkanik yang ditimbulkan oleh Gunung Merapi.

sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Calon Kepala Daerah Harus Cantumkan Visi-misi Untuk Tangani Covid

Kеtuа Komisi Pеmіlіhаn Umum (KPU) Arіеf Budіmаn mеmіntа аgаr seluruh calon kepala daerah dаlаm Pilkada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *