Home / Kesehatan / Hal-hal Sepele yang Bisa Membuat Kamu Mudah Terserang Penyakit
image source : tribunnews.com

Hal-hal Sepele yang Bisa Membuat Kamu Mudah Terserang Penyakit

Banyak hal spele terserang penyakit yang tanpa disadari. Agar kita tidak mudah terserang penyakit kita harus memiliki pola hidup sehat.

Kali ini Kitaberkata.com akan membahas hal spele dimana kamu bisa terserang penyakit, so disimak ya.

Tak cuci tangan sebelum ke toilet

Sebagian besar dari kamu tentu banyak yang mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Padahal tak banyak yang sadar bahwa justru sangat penting bagi kita untuk mencuci tangan sebelum masuk toilet.

Bisa saja tanganmu kotor ketika melakukan aktivitas dan bisa memicu munculnya bakteri pada tangan. Nah, ketika ke toiletmu akan menyentuh bagian-bagian privat yang sangat berbahaya jika terkena kuman. Oleh karena itu, mulai sekarang usahakan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah keluar toilet.

Sering terpapar angin

Sadarkah kamu jika kipas angin dan AC yang menyala dalam ruangan berpotensi mendatangkan penyakit untukmu? Jika kamu sering terpapar udara dingin, flu akan mudah menyerang. Sebab, tubuh yang terus terpapar udara dingin akan menurunkan suhu tubuh normal yang berkisar 36-37 derajat Celcius. Kondisi normal yang berubah dalam tubuh akan membuat tubuh bereaksi berupa sakit. Dengan itu, kita bisa mengetahui tubuh sedang mengalami bahaya dan perlu segera ditindak.

Terlalu sering mandi

Mungkin terasa aneh, tapi terlalu sering mandi sama jeleknya dengan tidak mandi sama sekali. Menurut tim ahli infeksi penyakit dari Columbia University, terlalu sering mandi membuat kulit kering dan pori-pori melebar, sehingga memudahkan mikroba untuk penetrasi ke dalam tubuh manusia. Mereka menyarankan untuk mandi sekali sehari.

Terlambat makan

Jangan pernah berpikir bahwa menunda waktu makan akan menurunkan berat badan Anda. Itu tidak dibenarkan. Menunda waktu makan, malah akan meningkatkan nafsu makan Anda di waktu setelahnya. Bisa jadi porsi Anda akan lebih banyak dari biasanya.

BACA JUGA  Kamu Doyan Fast Food ? Ketahui 5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food !

Menunda waktu makan akan melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas. Selain itu, menunda makan akan menyebabkan asam lambung Anda naik. Buruknya, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

Sebaiknya, Anda luangkan waktu Anda sejenak untuk makan, supaya Anda tetap fokus dan semangat beraktivitas.

Menekan flush toilet menggunakan jari

Toilet bisa menjadi tempat paling kotor di setiap sudut rumah. Sebuah penelitian bahkan menyebut 90 menit setelah kamu memencet flush toilet, bakteri masih berada di permukaan toilet.

Oleh karena itu, ada baiknya hentikan kebiasaan memencet tombol flush toilet dengan jari dan menggunakan punggung jari. Hal sederhana ini bisa sangat membantu, untuk mengatisipasi kalian menyentuh sesuatu sebelum mencuci tangan.

Terlalu sedikit tidur

Sedikit tidur akan membuat kita mengalami penuaan dini karena tubuh tidak punya kesempatan untuk mengalami regenerasi sel. Apalagi jika tidur malam sangat kurang. Sistem tubuh memang sudah mengatur jika sel-sel mengalami regenerasi lebih baik saat malam hari. Jika kamu kurang tidur, cobalah untuk mengurangi aktivitas malam yang tidak penting sehingga bisa tidur lebih awal.

Mungkin kamu menganggap hal-hal sepele di atas tidak terlalu penting buatmu namun ternyata berpengaruh terhadap kesehatanmu. Selain menghindari kebiasaan di atas, kamu bisa imbangi dengan menjalani gaya hidup sehat.

Jarang membersihkan bantal

Kapuk dalam bantal adalah surga untuk kutu dan jamur. Seiring waktu mereka bisa pindah ke wajah seseorang dan memicu masalah kulit. Kutu bisa memicu alergi dan infeksi saluran pernapasan atas. Maka, disarankan untuk mencuci bantal dengan air panas sekurang-kurangnya 55°C.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Khasiat Rajin Mengkonsumsi Mentimun

Mentimun di Indonesia sering digunakan sebagai makanan pelengkap dalam masakan. Mentimun juga sering digunakan sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *