Friday , September 25 2020
Home / Gadget / Hati-hati, Inilah Tanda Anak Kecanduan Gadget

Hati-hati, Inilah Tanda Anak Kecanduan Gadget

 Interaksi dengan gadget lebih dari dua jam dalam sehari adalah waktu yang disarankan oleh para ahli. Namun, bagaimana jika anak ternyata sudah kecanduan gadget?

berikut kami rangkum tanda-tanda anak sudah kecanduan gadget.

1.Kuantitas waktu

Para peneliti menemukan bahwa salah satu tanda dari anak yang kecanduan gadget adalah anak yang selalu berpikir tentang gadget. Contohnya adalah ketika pulang sekolah, hal pertama yang dicari anak adalah gadget dan ia menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget mereka, daripada di kehidupan nyata.

Solusinya, buatlah anak sibuk. Buatlah aturan satu jam bermain di luar bersama keluarga setiap anak menghabiskan satu jam di depan gadget. Tunjukkan padanya bahwa kesenangan bisa didapatkan dari interaksi di dunia nyata.

2.Menekan tanpa konsekuensi

Ini terjadi ketika anak memprioritaskan waktunya di depan gadget, daripada hal penting lainnya, seperti tidur, makan, dan menjaga kebersihan. Anak tidak lagi peduli dengan keterlibatannya di dunia nyata.

Solusinya, libatkan keluarga dalam penggunaan gadget anak. Tonton film atau baca artikel bersama-sama, lalu berdiskusi, dan tetapkan batasan yang jelas tentang waktu penggunaan gadget bagi seluruh anggota keluarga.

3.Mengamuk

Tandanya adalah anak mengalami penurunan minat terhadap interaksi di dunia nyata. Anak menjadi memiliki reaksi yang berlebihan, agresif, cemas, dan tertekan.

Buatlah rencana keluarga dan tetapkan batasan yang jelas. Jika anak sedang bermain dan menyelesaikan suatu misi, biarkan hingga ia selesai, jangan direbut begitu saja, karena itu adalah perilaku yang menjengkelkan.

4.Rahasia

Anak menjadi bermain sembunyi-sembunyi denganmu. Mereka berjanji akan tidur di waktu tertentu, namun ternyata masih bermain gadget.

Solusinya, berkomunikasilah dengan baik. Jangan mengkritik atau menyalahkan anak, beritahu anak secara baik-baik, buat ia mengerti.

BACA JUGA  Gausah Takut Hujan ! Ini Daftar Ponsel Dengan Fitur Anti Air

5.Media untuk melarikan diri

Banyak anak mulai menggunakan media sosial untuk melarikan diri dari tekanan sosial di sekitarnya, seperti masalah pribadi, tanggung jawab, rasa bersalah, kecemasan, dan depresi. Contohnya, ketika anak mengalami hari yang buruk, ia akan lari kepada gadget, dan bukan orangtuanya.

Solusinya adalah membantu anak menemukan hal lainnya yang bisa membuatnya merasa lega. Ajak ia jalan-jalan bersama dan bicarakan hal-hal yang membuat anak merasa putus asa.

itulah beberapa tanda tanda bahwa anak anda sudah kecanduan dengan gatget yang dapat kitaberkata.com rangkum untuk anda, yuk cermati prilaku anak kita sebelum kecanduan gatget.

sumber : berbagai sumber

Check Also

Realme X3 SuperZoom Siap Melantai ke Pasar Indonesia

Realme X3 SuреrZооm аkаn diluncurkan раdа 16 Junі dі Indоnеѕіа mеlаluі ѕеbuаh acara уаng berlangsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *