Home / Travel / Ini Dia 5 Destinasi Wisata di Kalimantan
suara.com

Ini Dia 5 Destinasi Wisata di Kalimantan

Hi guys! Pada tau gak nih? Kalimantan merupakan pulau terbesar yang ada di Indonesia. Kalimantan juga dilalui oleh garis khatulistiwa yang menyebabkan curah hujan, suhu, dan kelembaban di daerah ini tergolong tinggi. Sehingg Hewan dan tumbuhan dapat hidup dengan baik dan beranekaragam jenis karena matahari terus bersinar sepanjang tahun.

Tapi pada tau gak sih? Kalimantan juga memiliki destinasi wisata yang sangat indah. Kali ini Kitaberkata akan sharing nih tentang destinasi liburan di Kalimantan. So buat yang mau ke Kalimantan bisa simak penjelasannya ya!

Danau Sentarum

Danau Sentarum (genpi.co)

Ada keunikan yang istimewa yang bisa kamu temukan saat mengunjungi Danau Sentarum. Danau yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, ini memang bukan danau biasa. Saat musim hujan, danau ini tampak seperti kumpulan air yang merendam hutan. Tapi, cobalah datang di musim kemarau, kamu gak akan menemukan danau, melainkan hutan dan padang dengan sedikit air yang mirip kubangan.

Ya, Danau Sentarum memang danau musiman. Diapit pegunungan, danau ini menjadi sumber utama bagi aliran air sungai Kapuas. Karena perannya sebagai lebak lebung raksasa sangat vital bagi kelangsungan hidup hewan liar dan manusia, tempat ini diresmikan sebagai taman nasional yang dilindungi.

Jika kamu mengaku berjiwa petualang, sayang rasanya jika melewatkan berkunjung ke danau ini saat mampir di Kalimantan Barat. Di saat musim penghujan tiba dan danau sedang naik airnya, kamu bisa menjelajah danau dengan perahu motor milik penduduk setempat. Jika pun tidak memandangi pepohonan sudah cukup bisa menyegarkan pandangan.

Pantai Melawai

Pantai Melawai (getborneo.com)

Jika menilik dari letak geografisnya yang menghadap ke arah Timur, sepertinya sulit menemukan spot untuk memandang matahari terbenam di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tapi, anggapan itu akan terpatahkan setelah kamu mengunjungi pantai Melawai yang gak jauh dari pusat kota. Posisi pantai yang berada di teluk kecil menjadikannya sebagai lokasi melihat sunset terbaik di Balikpapan.

BACA JUGA  10 Tempat Pesta Kembang Api Terindah di Dunia !

Untuk sampai ke pantai ini, kamu cuma perlu menempuh 5 menit perjalanan dari pusat kota. Selain pemandangan sunset-nya yang apik, kamu juga bisa melihat kapal-kapal pengangkut yang berseliweran di pelabuhan Semayang. Ada juga Pulau Babi yang bisa datangi dengan berjalan kaki saat air surut. Saat hari sudah gelap, pemandangan pijaran flare gas dari cerobong kilang minyak bakal menemani keriuhan kafe-kafe di pantai ini.

Tanjung Puting

Tanjung Puting (blogkulo.com)

Gara-gara pembabatan hutan, keberlangsungan hidup orangutan di Kalimantan makin terancam. Untungnya, ada kawasan konservasi yang menjadi rumah bagi mereka di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Belantara luas ini akhirnya menjadi sanctuary bagi orangutan yang hampir punah dan berbagai satwa lainnya.

Bersama ranger, memasuki hutan untuk berjumpa dengan orangutan adalah pengalaman yang dinanti-nanti. Kamu bisa melihat orangutan yang luar biasa itu nongkrong sambil melahap makanan yang disediakan petugas jagawana. Beberapa juga ada yang dilatih untuk lebih bersahabat dengan manusia, lho. Jadi, jangan kaget kalau tiba-tiba ada anak orangutan yang menghampirimu.

Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin (kurio.id)

Katanya, kalau kamu ingin mengamati aktivitas dan bercengkerama langsung dengan masyarakat lokal, datanglah ke pasar tradisionalnya. Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kamu akan menemukan pasar yang unik. Bukan di bangunan permanen dengan los-losnya, melainkan di atas jukung atau perahu di sungai Kuin.

Penjual dan pembeli di pasar terapung ini biasa bertransaksi sampai dengan jam 9 pagi. Makanya, kalau mau menikmati serunya pasar terapung,  kamu gak boleh malas bangun pagi. Dengan kelotok atau perahu kayu bermotor, kamu bisa berbelanja berbagai hasil bumi seperti sayur dan buah, souvenir, maupun berburu menu kuliner.

Bukit Kelam

BACA JUGA  Raja Ampat Denasti Wisata Bikin Rindu
Bukit Kelam (goodnewsfromindonesia.id)

Kamu mungkin pernah mendengar tempat bernama Ayers Rock, batuan monolit terbesar di Australia. Tapi, percaya gak kalau Kalimantan juga memilikinya? Bahkan, dimensinya lebih besar daripada Ayers Rock, menjadikannya batuan monolit terbesar di dunia. Ya, Bukit Kelam namanya. Letaknya di Sintang, Kalbar.

Pengalaman trekking menuju puncak Bukit Kelam ternyata gak sekelam namanya, tuh. Justru, pemandangan hijau khas cagar alam menghampar indah di kejauhan. Dengan ketinggian mencapai 900 meter dan kemiringan antara 15-40 derajat, Bukit Kelam pas banget dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga paralayang dan panjat tebing.

So itu dia 5 destinasi wisata yang ada di Kalimantan. Jadi kapan nih main ke Kalimantan?

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Wisata Setigi, Bekas Tambang Kapur Jadi Denasti Wisata

Di Indonesia banyak sekali tempat wisata yang dibangun di bekas lahan tambang. Di Jogja ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *