Home / Info / Ini Dia Hak Rakyat Jika Terjadi Lockdown Di Indonesia

Ini Dia Hak Rakyat Jika Terjadi Lockdown Di Indonesia

Hak Rakyat Jika Terjadi Lockdown Di Indonesia

Lockdown adalah sebuah situasi dimana orang tidak diperbolehkan untuk masuk atau meninggalkan sebuah bangunan atau kawasan dengan bebas karena alasan sesuatu yang darurat.

Terkait dengan wabah virus corona yang sedang menyebar sekarang, kebijakan lockdown mengatur negara yang terinfeksi virus corona untuk mengunci akses masuk dan keluar sebagai pengamanan ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Di Indonesia, Presiden Joko Widodo mengatakan, belum akan melakukan lockdown atau melakukan isolasi terhadap wilayah yang diwaspadai sebagai lokasi penyebaran virus corona. 

Tapi apa yang akan terjadi jika kebijakan Lockdown ini diterapkan di indonesia? Apakah pemerintah akan bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat? Apa dasar hukum pemerintah dapat melakukan lockdown?

Tenang, semua itu sudah ada dan sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dimana pemerintah bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduk. Selain itu, setiap orang mempunyai hak mendapatkan pelayanan kesehatan dasar sesuai kebutuhan medis, kebutuhan pangan, dan kebutuhan kehidupan sehari-hari lainnya.

Adapun isi dari pasal tersebut yaitu :

Pasal 1 angka 10 UU 6/2018

Lockdown dapat diartikan sebagai karantina wilayah, di mana penduduk dibatasi dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Pasal 7 UU 6/2018

Rakyat berhak memperoleh perlakuan yang sama dalam penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan

Pasal 4 UU 6/2018

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bertanggung jawab melindungi kesehatan masyarakat dari penyakit dan/atau faktor risiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan melalui penyelenggaraan kekarantinaan masyarakat.

Pasal 55 ayat (1) UU 6/2018

BACA JUGA  Sіmаk 4 Fakta Unik Pоhоn Nаtаl Inі, Kamu Pаѕtі Belum Tau !

Selama dalam karantina wilayah, kebutuhan hidup dasar orang dan makanan hewan ternak yang berada di wilayah karantina menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Itulah hak rakyat jika kebijakan lockdown ditetapkan di Indonesia, jadi kamu jangan cemas lagi ya, apapun yang dilakukan pemerintah itu semua demi melindungi masyarakatnya.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Kecelakaan Helikopter, Kadispenad Ungkap Kronologi Jatuhnya

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Nefra Firdaus ungkap kronologi kecelakaan Helikopter MI-17 milik TNI …

One comment

  1. Lockdown …. Berat … Tapi memang kayaknya cara itu yang paling efektif memutus penyebaran Virus Covid 19 ( Corona )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *