Wednesday , August 5 2020
Home / Travel / Inilah 7 Tempat Wisata Indonesia yang Rekam Napak Tilas Soekarno

Inilah 7 Tempat Wisata Indonesia yang Rekam Napak Tilas Soekarno

Tempat wisata Indonesia tidak hanya dengan pemandangan dan museum, tapi sejarah juga, karena sejarah memiliki makna sangat banyak selain itu tempat wisata bersejarah ini bisa mengingat kita tentang zaman dulu

Contoh tempat wisata Indonesia tentang sejarah adalah rekamnya napak tilas Soekarno. Beberapa daerah menyimpan rekam jejak Bung Karno yang masih bisa dilihat oleh wisatawan.

Mulai dari Museum dan makam Bung Karno di Blitar, hingga Istana Tampaksiring di Bali.

Berikut Kitaberkata.com telah merangkum beberapa tempat wisata Indonesia yang merekam jejak napak tilas Bung Karno:

1. Museum, Perpustakaan, dan Makam Bung Karno, Blitar

Museum Bung Karno terletak di Jalan Ir Soekarno Nomor 152 Kota Blitar. Museum ini memiliki beragam fasilitas salah satunya perpustakaan Bung Karno. Perpustakaan menyimpan beragam koleksi yang berkaitan dengan Bung Karno di antaranya koleksi khusus, koleksi referensi, terbitan berkala, koleksi umum, koleksi nonbuku, koleksi anak dan remaja, serta koleksi audio visual.

Pengunjung dapat melihat semua koleksi tersebut di gedung dan lantai yang berbeda. Salah satu hal menarik yang dapat dilihat adalah koleksi khusus yaitu berisi buku-buku kisah hidup Bung Karno dan karyanya.

Selain itu ada juga koleksi lukisan, koleksi barang, dan patung Bung Karno yang bisa dilihat. Museum dan perpustakaan Bung Karno ini diresmikan pada 2004. Selain perpustakaan, museum Bung Karno juga satu komplek dengan makam Sang Proklamator.

Wisatawan biasanya akan berkunjung terlebih dulu ke makam dan kemudian berwisata ke museum dan perpustakaan Bung Karno. Perpustakaan dan Museum Bung Karno buka dari Senin-Kamis mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB, Jumat pukul 07.30 WIB – 16.30 WIB, Sabtu Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB.

BACA JUGA  Kangen Jalan-jalan di Bali? Tur Virtual di 8 Tempat Wisata Bali

2. Istana Tampak Siring, Bali

Bergeser ke Timur, tepatnya Pulau Bali, juga menyimpan tempat peninggalan Bung Karno. Adalah Istana Tampak Siring yang merupakan istana satu-satunya yang dibangun oleh pemerintah Indonesia setelah merdeka.

Bung Karno dikenal sebagai pemberi banyak masukan pada rancangan bangunan Istana Tampak Siring. Istana ini juga memiliki pemandangan menarik yang digemari wisatawan di antaranya kolam pemandian Kolam Tirta Empul, dan area persawahan.

Kolam pemandian tersebut juga merupakan salah satu primadona kunjungan wisatawan lantaran lokasinya berada di jalur wisata ke Denpasar-Kintamani.

Beberapa Kepala Negara pun pernah mengunjung Istana Tampak Siring, di antaranya Presiden Obama, Presiden Josip Broz Tito, Perdana Menteri Jawaharlal Nehru, dan lainnya. Istana ini bisa kamu kunjungi di Jalan Ir Soekarno, Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, Bali.

3. Rumah Pengasingan Bung Karno, Bangka dan Ende

Tempat wisata ini merupakan tempat atau rumah pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Bangka Barat. Nama tempat wisata ini dikenal juga sebagai Pesanggrahan Menumbing.

Terdapat peninggalan Bung Karno seperti mobil, kamar tempat tidur dan foto-foto yang dapat ditemukan di sini. Jika kamu dari pusat kota Muntok, cukup berkendara sekitar 10 kilometer untuk sampai di tempat ini.

Sedangkan di Ende, Bung Karno diketahui pernah tinggal di Ende selama empat tahun kala menjalani pengasingan, sekitar tahun 1934-1938. Rumah Pengasingan Bung Karno terletak di Jalan Perwira, Kota Ende.

Tempat ini menjadi saksi kehidupan Bung Karno bersama istrinya, Inggit Garnasih. Jika berkunjung ke sini, wisatawan dapat melihat ruang tamu tempat Bung Karno biasa menerima tamu kala itu. Beragam perabotan rumah tangga Bung Karno, fasilitas rumah seperti sumur, kamar mandi pun masih bisa dilihat hingga sekarang di rumah itu.

BACA JUGA  Bertemu Dinosaurus di Mojosemi Forest Park Magetan

4. Taman Renungan Bung Karno, Ende

Bung Karno memiliki tempat merenung yang kini juga menjadi daya tarik wisatawan, tepatnya di Taman Renungan Bung Karno. Lokasinya tak jauh dari Rumah Pengasingan Bung Karno.

Terdapat patung Bung Karno yang sedang duduk seperti tengah merenung. Patung itu ada di dekat kolam. Selain itu, terdapat pohon sukun bercabang lima yang konon menjadi inspirasi dari konsep awal lahirnya Pancasila. Namun, pohon sukun yang ada kini bukanlah pohon sukun kala Soekarno masih ada di sana.

Pohon itu sudah tumbang karena angin dan digantikan dengan pohon sukun baru pada 1981. Samping pohon sukun juga terdapat bangku panjang sekitar 17 meter.

Sementara kolam airnya berukuran 8×45 meter. Bukan tanpa alasan, rancangan dan ukurannya dibuat untuk menyesuaikan dengan hari Kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945.

5. Danau Kelimutu

Bung Karno sempat juga berkunjung ke Danau Kelimutu, Ende. Lokasi ini menjadi bersejarah karena menjadi tempat Sang Proklamator mencari inspirasi. Lewat danau itu, Bung Karno melahirkan naskah drama “Rahasia Kalimutu”.

Warga Ende sendiri juga menyebut Bung Karno banyak melahirkan konsep awal Pancasila di Ende. Warga juga menyebut bahwa ketika diasingkan, Bung Karno tidak pernah merasa dikucilkan oleh penduduk setempat.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Titik Nol Sulаwеѕі, Bisa Dicoba untuk Wekeend Bersama Kluarga

Hаі ѕоbаt wisata, buаt kаmu уаng ѕukа trаvеlіng mеnjаjаkі tempat wіѕаtа yuk ke Titik Nol …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *