Home / News / Inilah Cara Untuk Merawat Motor Tua

Inilah Cara Untuk Merawat Motor Tua

Pasti diantara kalian pernah berfikir kalau merawat motor tua itu susah dan rumit, dan karena itu banyak juga yang menjual motor tersebut dengan harga murah. Namun kalian perlu mengetahui bahwa merawat motor tua tidaklah sulit seperti yang kalian dibayangkan. Inilah Cara Untu Merawat Motor Tua yang dapat kami rangkum untuk anda

1. Cegah suku cadang motor berkarat

Karat adalah masalah terbesar dari motor tua. Rantai motor salah satu suku cadang yang mudah teroksidasi, sehingga mudah aus dan rontok.

Solusi dari masalah tersebut sederhana, kamu harus menjaga rantai selalu terlumasi, dan gunakan motor melaju dalam jangka waktu tertentu agar rantai tetap berfungsi normal dan jika karat sudah menempel di motor segera bersihkan dengan cairan antikarat

2. Gunakan Suku Cadang Asli

Penggunaan suku cadang asli pada motor tua dapat memperpanjang usia pemakaiannya. Ya, meski lebih mahal sampai 30 persen sih dibanding suku cadang yang palsu atau kw

3. Servis dan Ganti Pelumas Secara Rutin

Mengganti pelumas secara rutin wajib dilakukan setidaknya sebulan sekali atau setelah pemakaian motor dalam kilometer tertentu. Penggantian pelumas ini sangat penting karena pelumas yang sudah melewati batas penggunaan akan memperberat kerja mesin. Lebih berbahaya lagi bila pelumas motor sudah berwarna hitam. Nanti yang ada malah pelumas itu dapat mengikis motormu

Selain mengganti pelumas, servis secara berkala juga perlu dilakukan pemilik motor tua. Servis befungsi untuk memantau kondisi motor secara keseluruhan.

4. Periksa kondisi aki motor

Aki motor adalah salah suku cadang paling rentan, baik motor baru atau tua. Dalam banyak kasus, jika aki sudah terlalu tua dan sering bermasalah, lebih baik ganti saja aki dengan yang baru.

BACA JUGA  Inilah Deretan Film Superhero Terbaik DC

Jika kamu enggan mengganti aki baru, kamu bisa membeli alat pengisi daya aki untuk isi ulang dari waktu ke waktu. Jika aki tidak diisi ulang, kinerja sistem kelistrikan motor akan terganggu bahkan beberapa bagian motor bisa rusak.

5. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesin berguna untuk menjaga kinerja mesin. Sebagai pertimbangan, hindari penggunaan bahan bakar beroktan tinggi. Hal itu bisa mencegah timbulnya kerak di ruang bakar motor.

6. Cek Perangkat Pendukung Secara Berkala

Bagi pemilik motor tua, cek perangkat pendukung secara berkala adalah kegiatan yang perlu dilakukan. Perangkat pendukung yang perlu dicek di antaranya rem, pengapian, kelistrikan, dan rantai. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko sepeda motor bermasalah.

7. Bersihkan Motor Secara Berkala

Jika motor bersih, si pengguna motor pasti lebih nyaman. Jadi, pastikan motormu selalu bersih ya.

Itulah Cara Untu Merawat Motor Tua yang dapat kitaberkata.com rangkum untuk anda. Semoga menambah wawasan anda mengenai otomotif. Nantikan artikel otomotif lainnya yang akan kami sajikan untuk anda stay terus bersama kami yaaa.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Mengenal Designer Mobil VW Dari Indonesia

Sаlаh satu mоbіl buatan Jerman yang sudah tеrkеnаl di bеrbаgаі nеgаrа, Volkswagen atau lеbіh dіkеnаl …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *