Home / Tips / Jangan Asal Pilih Sabun Muka, Tips Memilih Sabun Muka
lifestyle.okezone.com

Jangan Asal Pilih Sabun Muka, Tips Memilih Sabun Muka

Saat kita membeli sabun muka kita harus memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membeli dan memakainya. Karena jika kita salah menggunkan sabun muka, akibatnya bisa fatal terhadap kulit wajah.

Kali ini Kitaberkata.com akan memberitahu kalian tips memilih sabun muka yang cocok, so disimak ya.

Pilih Sesuai Jenis Kulit

Ketika memilih sabun muka, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit. Beda jenis kulit membutuhkan sabun muka yang berbeda juga.

Ini karena sabun muka umumnya diformulasikan khusus untuk tiap-tiap jenis kulit wajah.

Kamu bisa melakukan tes memakai kertas minyak alias blotting paper. Tempel kertas pada dahi, hidung, pipi dan dagu, lalu diamkan selama beberapa menit.

Setelahnya, silahkan lepas dan lihat hasilnya. Jika permukaan kertasnya sangat basah maka kulit kamu berjenis berminyak. Jika hanya kertas yang ada pada dahi dan hidung yang basah artinya kamu memiliki kulit kombinasi.

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak maka gunakan sabun muka dengan mentol karena bisa membuat wajah lebih segar. Sementara untuk kamu yang memiliki kulit kering maka gunakan sabun muka yang bisa melembabkan secara maksimal.

Dan untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi sebaiknya memakai sabun muka khusus untuk kulit kombinasi sehingga bisa memenuhi kebutuhan kulit dengan baik.

Perhatikan Bahan Sabun

Cara memilih pembersih wajah pria yang tepat untuk kulit wajah berjerawat yang pertama adalah dengan memperhatikan bahan sabun pembersih wajah tersebut.

Sebaiknya Anda memilih sabun muka pria yang memiliki bahan dasar alami, terutama karena kulit wajah lebih sensitif dari jenis kulit lain di tubuh. Selain itu, kulit wajah memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis kulit tubuh lainnya.

BACA JUGA  Inilah Penyebab Kulit Wajah Bermasalah

Anda bisa menghindari produk perawatan wajah yang mengandung zat kimia paraben. Lebih lanjut, Anda yang memiliki wajah sensitif sebaiknya menghindari produk perawatan wajah yang mengandung parfum sintetis, sulfat, atau pewarna buatan yang mungkin akan mengiritasi kulit Anda.

Cari Tahu Ulasan dari Orang yang Sudah Pernah Pakai

Jangan ragu membaca review (ulasan) atau sekadar menanyakan kepada orang yang sudah pernah memakai pembersih wajah yang hendak Anda pilih.

Tanyakan atau cari di internet mengenai pengalaman orang yang sudah pernah menggunakan produk tersebut untuk mengetahui kemungkinan efek sampingnya.

Jika memungkinkan, minta sampelnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli pembersih wajah tersebut.

Sesuaikan dengan Masalah

Memilih sabun muka juga wajib disesuaikan dengan masalah yang sedang terjadi pada kulit dan kondisi kulit. Jika kulit kamu tidak bermasalah alias normal saja maka kamu cukup memilih sabun muka yang sesuai jenis kulit.

Namun jika kulit kamu bermasalah seperti kusam, komedo, bahkan berjerawat, maka gunakan sabun muka khusus supaya masalah kulit wajah cepat teratasi.

Jika kulitmu terlalu kering, biasanya yang terjadi adalah kulit terasa panas dan gatal. Untuk hal ini kamu membutuhkan sabun muka dengan kandungan Aloe Vera dan vitamin E yang bisa meringankan rasa gatal dan membuat kulit lebih tenang.

Sementara untuk kamu yang memiliki masalah komedo dan jerawat, kamu bisa gunakan sabun muka yang mengandung Salicyclic Acid. Pastikan kamu memakai sabun muka secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari agar jerawat dan komedo cepat enyah.

Untuk kulit yang lelah dan kusam, kamu bisa mengatasinya dengan memilih sabun muka yang kaya vitamin C dan vitamin B3. Kedua zat tersebut bisa membuat wajah lebih cerah dan bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik.

BACA JUGA  Jangan Dibuang, Ini dia Manfaat Kulit Jeruk Untuk Menjaga Kecantikan Wanita

Itulah tips memilih sabun muka yang cocok.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Tips Menjaga Keuangan Pada Masa Pandemi Corona

Pandemi virus corona atau Covid-19 bisa saja membuat orang khawatir tentang banyak hal. Salah satu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *