Home / Tips / Jangan Ngasal Membersihkan Sepatu Kulit! Ini Caranya

Jangan Ngasal Membersihkan Sepatu Kulit! Ini Caranya

Tips Membersihkan Sepatu Kulit

Buat kalian yang memiliki sepatu kulit. Apakah kalian membersihkan sepatu kulit kalian sama dengan sepatu kain? Kalo masih, ada baiknya kalian membaca artikel ini. Karena Kitaberkata.com akan memberi tips untuk membersihkan sepatu kulit kalian agar tetap awet.

1. Jangan Disimpan Menggunakan Plastik

Nah, cara menyimpan yang pertama adalah sepatu kulit harus dijauhkan dari plastik. Plastik merupakan musuh terbesar bahan kulit, karena mampu menyerap warnanya hingga pudar. Menempelnya plastik pada bahan kulit juga membuat kulit menjadi lembap dan memicu timbulnya jamur.

Saat warna sepatu kulit berubah, kamu membutuhkan jasa re-coloring produk kulit, dan ini tidak murah. Untuk itu, jangan menyimpan sepatu kulit dengan dimasukkan ke dalam plastik.

Gunakan dust bag untuk menyimpan sepatu kulit, karena dirancang khusus untuk mempertahankan kualitas dan warna produk kulit. Setelah itu, masukkan ke dalam kotak sepatu. Agar bentuknya tidak berubah selama disimpan, isi sepatu dengan gumpalan koran.

2.  Masukan Gel Silika

Masukkan gel silika ke dalam sepatu kulit saat kamu akan menyimpannya. Gel silika berfungsi untuk menyerap kelembapan dari udara yang ada di sekitar tempat penyimpanan. Sebab, kondisi udara yang lembap berisiko membuat bahan kulit mudah teroksidasi sehingga memicu tumbulnya jamur, bakteri, dan perubahan warna bahan,  dijamin sepatumu terhindar dari jamur atau bau apek.

3. Bersihkan dengan Lotion Khusus

Selanjutnya, cara merawat sepatu kulit agar lebih tahan lama adalah dengan menambahkan lotion khusus. Membersihkannya pun hanya cukup menepuk-nepuk spons yang sudah diberikan lotion khusus sepatu kulit pada sepatumu. Jangan pernah membersihkan sepatu yang kotor dengan lap basah karena bisa membuat kulitnya pecah atau rusak.

BACA JUGA  Bau Mulut? Inilah Tips Menghilangkannya

4. Jangan Langsung Simpan Usai Dipakai

Setelah digunakan seharian, keringat dari kaki akan menempel pada bagian dalam sepatu. Jika kamu langsung memasukkan sepatu kulit ke dalam kotak penyimpanan, keringat yang bersifat asam akan merusak kulit dan menimbulkan noda.

Bahkan, bagian dalam sepatu berisiko menjadi sarang jamur. Usai digunakan, masukkan spons kering ke dalam sepatu dan diamkan selama 30-60 menit agar spons menyerap sisa keringat. Bersihkan pula bagian luar sepatu kulit dari debu, dan setelahnya kamu boleh menyimpannya.

5. Rajin Menyemir Sepatu

Agar sepatu kulit tetap terjaga kualitasnya, salah satu cara membersihkan sepatu kulit adalah kamu bisa secara rutin menyemir sepatumu. Proses semir secara rutin, akan membuat warna sepatu kembali cemerlang dan noda pun terhapuskan. Perhatikan warna semir yang kamu pilih, ya. Pastikan warna semir sepatu tersebut benar-benar sesuai dengan warna sepatu kulitmu.

6. Keluarkan Sepatu Kulit Dua Minggu Sekali

Memilliki sepatu kulit membutuhkan perawatan detil. Agar harga yang mahal tak jadi sia-sia kamu harus rajin mengeluarkan sepatu kulit milikmu dari kotaknya. Minimal 2 minggu sekali.

Bahan kulit juga membutuhkan suhu udara normal untuk menjaga permukaannya tetap kering dan tidak lembap. Penyimpanan yang terlalu lama akan membuat sepatu kulit lembap sehingga membuat permukaannya mudah mengelupas dan berbau tidak sedap.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Tips Menjaga Keuangan Pada Masa Pandemi Corona

Pandemi virus corona atau Covid-19 bisa saja membuat orang khawatir tentang banyak hal. Salah satu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *