Home / News / Jangan Ngasal Memilih Ban Mobil, Begini Caranya
image source : dream.co.id

Jangan Ngasal Memilih Ban Mobil, Begini Caranya

Ban merupakan bagian penting dalam kendaraan. Ban mobil berguna untuk menjaga kestabilan mobil dan getaran saat mengendarai. Ban mobil juga untuk menjaga roda dari kerusakan. Ban mobil juga bisa meningkatkan percepatan mobil.

Jadi kita tidak boleh memilih ban mobil sembarangan. Kita harus memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Kali ini Kitaberkata.com akan memberikan cara memilih ban mobil.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Suka travelling yang melewati medan berlumpur dan bebatuan? Tipe ban yang cocok untuk off road  tersebut adalah M/T atau Mud Terrain yang terkenal kuat dan kokoh ketika menempuh medan yang paling sulit sekalipun.

Namun jangan menggunakan tipe ini pada jalanan kota karena akan licin dan daya cengkeramnya lemah.

Ukuran Ban

Setelah melihat jenis ban, kita perlu mengetahui ukuran ban mobil. Ukuran ban mobil dapat dilihat melalui ukiran angka di samping ban, rupanya berbentuk susunan kode. Sebagai contoh, Daihatsu All New Sirion memiliki ban dengan kode 185/55 R15 95H.

Angka 185 menunjukkan berapa lebar telapak ban dalam satuan milimeter. Lebarnya sebuah ban dapat mempengaruhi peningkatan performa kecepatan mobilmu. Kemudian, angka 55 menunjukkan menunjukkan ketebalan ban dibandingkan dengan lebar telapak ban.

Penulisan angkanya merupakan rasio ban dalam persentase. Berarti angka 55 mengatakan bahwa tebal ban adalah 55% dari 185 milimeter. Semakin tebal sebuah ban, maka keseimbangan mobil dapat lebih terjaga.

Lebar Ban

Yang perlu diketahui tentang hubungan lebar ban dengan performa adalah semakin lebar maka performa dalam hal daya cengkram dan percepatan bisa semakin maksimal.

Namun demikian, lebar ban di sini juga sangat terbatas dengan ukuran velgnya.

Sebaiknya jangan memodifikasi kendaraan di bagian ban dan velg karena performanya menjadi berubah dan tidak sesuai kapasitas mesin.

BACA JUGA  Royal Enfield 250 Dijual Seharga 20 Jutaan

Memilih Ban Sesuai Pola Tapak Ban

Memilih ban mobil sesuai pola tapak ban sangatlah penting untuk memastikan bahwa benda ini masih layak berada di kendaraan si pemilik. Mengapa demikian? Karena pola tapak ban sangat berpengaruh terhadap akselerasi dan manuver mobil.

Jika gesekannya kecil, maka risiko untuk terpeleset atau tergelincir di jalan akan lebih besar. Akibat yang lebih buruk adalah bisa menyebabkan kecelakaan.

Ketebalan Pada Ban

Ban dengan ketebalan antara 40 atau 50 memang terlihat keren ketika digunakan, akan tetapi kurang baik jika digunakan.

Hal ini dikarenakan ban dengan ketebalan yang tipis dapat merusak velg jika terlalu sering digunakan di jalan yang tidak rata.

Oleh karena itu, produsen pembuat mobil pada umumnya menggunakan ban dengan ketebalan yang baik.

Cek Tahun Pembuatan Pada Ban

Pastikan juga anda memeriksa tahun pembuatan pada ban. Tahun pembuatan ban sebaiknya tidak lebih dari 6-12 bulan. Misalkan ban dengan kode 1012, angka 12 berarti tahun pembuatan ban.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli ban kendaraan.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Film Bertema Superhero Yang Wajib Kamu Tonton

Film bergendre action memang menaraik untuk di tonton apalagi film action bertemakan Superhero, film bertema …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *