Home / Gadget / Jangan Ngasal Pilih Powerbank, Bisa Meledak! Bigini Tips Memilihnya
techno.okezone.com

Jangan Ngasal Pilih Powerbank, Bisa Meledak! Bigini Tips Memilihnya

Kemunculan powerbank sangat membantu orang-orang. Disaat perlu mengecas gadget mereka, tidak perlu lagi mencari colokan listrik. Powerbank juga bisa dibawa kemana-mana.

Namun apakah saat membeli powerbank kalian main asal beli saja? Banyak kasus yang terjadi powerbank meledak dan terbakar. Hal itu terjadi karena kalian saat membeli tidak memperhatikan beberapa hal.

Kali ini Kitaberkata.com akan memberikan tips memilih powerbank yang bagus, agar tidak mudah meledak. So disimak ya.

1. Pilih Powerbank dari Merk Terkenal

Power bank dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Namun, pastikan beli merk yang sudah terkenal dan terjamin.

Karena sebuah produk yang branded biasanya memiliki prosedur dan standar yang ketat sebelum menjualnya ke pasaran. Hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas daripada power bank tersebut.

Akan tetapi, kalian perlu waspada. Sebab, terdapat beberapa oknum tak bertanggung jawab yang sering memalsukan power bank dari merk-merk terkenal.  Slogan “ada harga, ada kualitas” sangat berlaku dalam hal ini.

2. Powerbank yang Kompatibel dengan Perangkat

Ketika memilih bank daya, lihat kompatibilitas bank daya dengan perangkat yang dimiliki.

Ini biasanya tercetak pada kemasan. Power bank yang kurang cocok bisa memiliki efek buruk. Bahkan, merusak atau mempersingkat masa pakai baterai gadget.

3. Utamakan Baterai Li-Polymer

Kebanyakan baterai yang dipakai dipasaran adalah baterai Lithium Ion (Li-Ion), meskipun harganya relatif lebih murah dibanding baterai Li-Polymer (Li-Po), baterai Li-Ion seringkali tidak stabil, menyebabkan baterai Li-Ion lebih cepat panas dan mudah bermasalah, bahkan bisa saja meledak.

Sebaliknya, baterai berjenis Li-Po lebih stabil dan tidak mudah mengalami kebocoran elektrolit. Sehingga, power bank baterai Li-Po memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding Li-Ion.

BACA JUGA  Inilah Penyebab Kulit Wajah Bermasalah

4. Nilai Arus harus Seimbang dengan Ponsel

Aliran daya memiliki peran penting dalam penggunaan ponsel cerdas. Semakin besar aliran daya mengalir, semakin cepat baterai ponsel cerdas akan terisi.

Terlebih, sekarang ini ada banyak gadget yang menghadirkan fitur pengisian cepat. Karena itu, sebelum membelinya, periksa terlebih dahulu nilai arus bank daya. Kemudian, sesuaikan dengan arus daya ponsel.

Jika arus yang dibutuhkan adalah dua ampere, maka pastikan membeli power bank dengan nilai arus yang sama. Itu supaya pengisian baterai oleh power bank bisa berjalan normal.

Untuk melihat nilai arus, bisa melihatnya pada kemasan power bank dan kardus ponsel atau biasanya ada dalam deskripsi kepala pengisi daya.

5. Pilih Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Pastikan power bank yang akan kalian beli memiliki kapasitas dua kali lebih banyak dari kapasitas baterai handphone yang kamu miliki.

Sebab, baterai cadangan ini hanya akan mentransfer daya sebesar 70-80% dari total daya yang dimilikinya.

6. Jangan tergiur kapasitas besar berharga murah

Ingat selalu! Ada harga, ada kualitas. Ketika ditawari power bank berkapasitas besar dengan harga murah, jangan langsung membelinya.

Itu bisa jadi barang palsu. Logikanya, nggak mungkin kapasitas besar dijual murah. Terkadang, baterai yang digunakan adalah baterai yang direkondisi yang tentunya akan membahayakan ponsel.

7. Pastikan Powerbank Bersertifikasi CE dan FCC

Sertifikasi CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission) dibutuhkan untuk menjamin kualitas dari sebuah produk elektronik yang telah melewati uji standarisasi.

Pastikan powerbank yang kalian beli memiliki sertifikasi tersebut, powerbank yang tidak memiliki sertifikat menandakan kualitas yang buruk dan akan memberikan dampak yang buruk juga bagi handphone.

BACA JUGA  Lebih Pilih iOS Ketimbang Android, Inilah Alasannya

8. Fitur keamanan

Nggak sedikit orang mengabaikan fitur keamanan ketika memilih-membeli power bank. Itu karena, kurangnya informasi tentang fitur tersebut.

Pastikan power bank yang ingin dibeli memiliki fitur Perlindungan Sirkuit Pendek, yaitu fitur perlindungan untuk mencegah korsleting, baik pada power bank atau gadget. Sehingga, akan terhindar dari kerusakan.

Selain itu, penting untuk memiliki fitur Perlindungan Pengisian Lebih. Yang berarti bahwa jika baterai dalam perangkat terisi penuh oleh power bank, maka arus listrik yang mengalir secara otomatis akan terputus.

Dan akan lebih lengkap jika ada juga fitur Perlindungan Suhu. Yaitu, untuk mendeteksi panas berlebihan ketika mengisi daya.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

5 Tips Hilangkan Bau Badan dengan Pakai Bahan Alami

Banyak orang yang menyadari jika bau badan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Namun perlu kalian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *