Home / Technology / Kabar Xiaomi Telah Menguasai Pangsa Pasar 14% Handset 5G

Kabar Xiaomi Telah Menguasai Pangsa Pasar 14% Handset 5G

Kabar Xiaomi saat ini menguasai pangsa pasar 14% dan berada di posisi keempat. Xiaomi mencatat pertumbuhan dua digit dalam pendapatan ponsel pintar di Q1-2020 meskipun ada penutupan pabrik di China dan India karena Covid-19 (corona virus). Penjualan model 5G dari vendor yang bermarkas di Shenzen itu juga meningkat sehingga mendorong keuntungan.

Berikut rangkuman Kitaberkata.com dari berbagai sumber :

Pada panggilan pendapatan, Presiden dan Acting CFO Wang Xiang, mengatakan bahwa pengiriman smartphone global Xiaomi meningkat, meski terjadi penurunan 13 persen untuk pasar global karena hantaman virus corona.

Wang mencatat bisnis smartphone di China daratan secara bertahap kembali normal selama Maret, dan menegaskan rantai pasokan di negara itu telah 100 persen pulih. Sedangkan India, di mana Xiaomi menjadi market leader, mulai mencabut pembatasan produksi dan kegiatan penjualan secara bertahap.

Wang menambahkan pandemi corona diperkirakan akan berdampak pada bisnis Xiaomi pada kuartal kedua saat ini.

“Namun, dengan pencabutan langkah-langkah penguncian secara bertahap, kami telah menyaksikan rebound cepat di banyak pasar tempat kami beroperasi”, ujarnya optimis.

Meski mencatat pertumbuhan dua digit, laba bersih Xiaomi turun 32,3 persen tahun-ke-tahun menjadi CNY2,2 miliar ($ 309,8 juta). Tercatat pendapatan sebesar CNY49,7 miliar, naik 13,6 persen, didorong oleh kenaikan 12,3 persen dalam penjualan ponsel pintar menjadi CNY30,3 miliar dan 38,6 persen lonjakan layanan internet menjadi CNY5,9 miliar. IoT dan produk gaya hidup naik 7,8 persen menjadi CNY13 miliar.

Pengiriman smartphone meningkat 4,7 persen menjadi 29,2 juta unit, 26 persen di antaranya adalah handset 5G. Peningkatan pengiriman model premium dan smartphone 5G model baru mengangkat ASP 7,2 persen.

Wang mengatakan smartphone 5G adalah pendorong ASP yang lebih tinggi di Tiongkok dan percaya tren ini akan berkelanjutan di masa depan. Dia mengungkapkan pada kuartal pertama 2020, Xiaomi memiliki 14 persen pangsa pasar handset 5G di China.

BACA JUGA  Rеаlmе X3 Super Zoom, Harga Murah Bukan Strategi Utama

Pendapatan luar negeri melonjak 47,8 persen menjadi CNY24,8 miliar, proporsi tertinggi dari total penjualan yang pernah ada. Pengeluaran litbang naik 13,4 persen menjadi CNY1,9 miliar. Sedangkan pengguna aktif bulanan antarmuka MIUI-nya tumbuh 26,7 persen menjadi 330,7 juta.

Dalam perkembangan terakhir, Xiaomi berencana tak lagi memproduksi perangkat 4G pada akhir 2020. Hal ini karena perusahaan memilih untuk mengembangkan perangkat 5G.

Menurut Lei Jun, Pendiri dan CEO Xiaomi, berpendapat bahwa 5G akan merevolusi industri dengan aplikasi seperti konferensi video 4K atau 8K, Cloud Gaming, dan Auto-pilot, dilaporkan dari Gizmochina, Rabu (27/5).

Lei Jun berjanji untuk menginvestasikan lebih dari CNY50 miliar (USD7,1 miliar) dalam kecerdasan buatan (AI) dan teknologi 5G selama lima tahun ke depan untuk memimpin posisi terdepan di kedua sektor tersebut.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Waduh! Chipset MediaTek Diduga Curangi Skor Benchmark

Chipset MediaTek dikabarkan melakukan kecurangan terhadap skor “benchmark” atau skor uji coba kualitas dari chipset …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *