Thursday , February 25 2021
Home / Tips / Keuntungan Rajin Mengikuti Organisasi Saat Kuliah

Keuntungan Rajin Mengikuti Organisasi Saat Kuliah

Halo sobat Kitaberkata.com, apakah kalian meraasa dirugikan saat aktif mengikuti organisasi? Tidak ada ruginya kalian jika aktif di organisasi saat kuliah. Kitaberkata.com akan memberitahu kalian, apa saja sih keuntungan dari rajin mengikuti organisasi yang ada di kampus. Disimak ya…

1. Memperkaya Pengalaman di CV

Aktif berorganisasi di kampus menunjukkan bahwa kamu berkontribusi untuk lingkungan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi. Kontribusi inilah yang dilihat oleh perusahaan, bahwa kamu melakukan sesuatu tak hanya karena ada balasan uang.

Selain itu, aktif berorganisasi akan mengasah kemampuan kamu mengatur waktu, antara mengerjakan tugas kuliah dan tugas organisasi. Kemampuan mengatur waktu ini juga menjadi nilai plus di mata perusahaan, terutama bila IPK yang didapat juga bagus.

Dengan berorganisasi, kamu juga dianggap terbiasa bekerja sama dengan orang lain (team work) untuk mencapai tujuan bersama. Kurang lebih, apa yang kamu kerjakan di organisasi akan sama dengan dunia kerja.

Sehingga pengalaman oraganisasi akan dianggap mirip dengan pengalaman kerja untuk para fresh graduate.

2. Memperbanyak Relasi

Dalam melakukan tugas-tugas ber-organisasi, tentunya kamu  akan dihadapkan dengan banyak orang. Bukan hanya orang-orang yang terkait dengan organisasi mu, tetapi juga orang-orang dari perusahaan-perusahaan, organisasi kemahasiswaan dari kampus lain dan masih banyak lagi. Orang orang tersebut dapat kamu jadikan relasi yang nantinya bisa membantu mu di masa depan.

3. Belajar Public Speaking dalam Organisasi

Dalam berorganisasi kamu dituntut untuk terus aktif dalam forum. Bukan hanya aktif dalam rencana kegiatan yang dijalankan, kamu juga harus aktif mengeluarkan pendapatmu. Tentunya hal ini memberi manfaat yang sangat positif, karena kamu jadi lebih berani berkomunikasi dei depan orang banyak. Public speaking kamu jadi lebih lancar dan tidak perlu lagi malu-malu berbicara depan forum atau dalam diskusi umum.

BACA JUGA  Ini Dia Tips Memilih Motor Vespa Bekas Namun Berkualitas

4. Dikenal Dosen

Terkadang dikenal dosen malah menjadi ketakutan tersendiri bagi mahasiswa. Ini biasanya karena namamu akan lebih sering dipanggil untuk presentasi di depan kelas atau melakukan tugas lainnya.

Namun, keuntungan lain bisa kamu dapat dari dikenal dosen saat mengikuti organisasi. Karena organisasi bukan cuma terkait dengan teman atau senior saja, tetapi juga dosen-dosen bahkan rektorat.

Dengan dikenal dosen, kamu jadi lebih bisa menanyakan mata kuliah yang sekiranya kurang dipahami sehingga kamu jadi lebih paham. Bahkan mungkin kamu bisa lulus dengan cepat atau tepat waktu.

Dengan mengetahui keuntungan ikut organisasi saat kuliah, kamu tidak perlu ragu-ragu lagi untuk bergabung. Melalui organisasi, kamu bukan hanya bisa belajar, tetapi juga mendapatkan pengalaman bermanfaat yang bisa berpengaruh terhadap karier dan masa depanmu.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Jangan Ngasal Mencuci Tangan! Begini Caranya Mencuci Tangan Dengan Sabun yang Baik dan Benar

Dalam keadaan seperti sekarang ini, yaitu pandemi virus corona. Kita dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *