Home / Kesehatan / Khasiat Rajin Mengkonsumsi Mentimun
image source : zonabikers.com

Khasiat Rajin Mengkonsumsi Mentimun

Mentimun di Indonesia sering digunakan sebagai makanan pelengkap dalam masakan. Mentimun juga sering digunakan sebagai infused water. Mentimun memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalamnya.

Kali ini Kitaberkata.com akan membahas khasiat konsumsi mentimun.

1. Turunkan berat badan

Kandungan air yang tinggi di dalam mentimun membuat kalian merasa kenyang lebih cepat. Hal ini ujungnya akan membantu mengontrol asupan makanan berlebih dan mendukung program diet yang kalian lakukan.

Bukan itu saja, mentimun juga bebas dari lemak dan rendah kalori. Jadi, mengonsumsi mentimun baik bagi kalian yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan hidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah penting karena membawa berperan membawa nutrisi ke sel di seluruh tubuh kalian. Salah satunya bisa mengatasi sembelit dan membuang beberapa bakteri jahat.

Jumlah air yang kalian konsumsi dari mentimun tergantung pada ukuran mentimun yang kalian makan. “Tapi karena kandungan mentimun terbuat dari 95 persen air, maka kalian bisa yakin secangkir jus mentimun bisa berkonstribusi terhadap kebutuhan air kalian,” kata Bonnie Taub-Dix, RD, pendiri laman Better Than Dhieting.

3. Kurangi efek mabuk

Makan mentimun sebelum tidur juga direkomendasikan bagi kita yang tukang mabuk alkohol, untuk membantu keseimbangan elektrolit tubuh dari efek racun alkohol.

4. Mengurango risiko kanker

Terlepas dari sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi flavonoid ini, ia juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko untuk jenis kanker tertentu.

5. Mengatasi bengkak di sekitar mata

Manfaat mentimun yang paling umum diketahui masyarakat adalah kemampuannya mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis mentimun dan taruhlah di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit.

BACA JUGA  Kulitmu Kering ?, Inilah Cara Mengatasi Kulit Kering

6. Menjaga kesehatan ginjal

Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga manfaat timun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

Cara mendapatkan manfaat mentimun ini mudah saja, yakni dengan mengonsumsi air perasan buah mentimun segar. Lakukan cara ini setiap hari, sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.

7. Melindungi tulang

Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang.

8. Menurunkan tekanan darah atau hipertensi

Karena kandungan kaliumnya, mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal. Bagi Anda penderita hipertensi, biasanya dalam tubuh terdapat kadar sodium yang terlalu tinggi.

Tingginya kadar sodium membuat kadar air di tubuh menjadi tidak seimbang yang memicu meningkatnya tekanan darah. Guna menetralkan hal ini, tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Namun banyak orang tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup setiap harinya.

Oleh karenanya, untuk membantu menyeimbangkan kadar sodium pada ginjal, Anda harus rutin mengonsumsi air mentimun. Dengan mengonsumsinya, Anda akan menjaga kestabilan tekanan darah. Bahkan, air timun juga mampu menjaga darah menggumpal dengan wajar.

9. Kulit lebih lembut dan bercahaya

Kandungan vitamin B seperti niasin dan riboflavin, serta vitamin C dan seng (mineral) pada mentimun bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mentimun juga mengandung asam caffeic yang melawan iritasi dan peradangan kulit. Nutrisi dalam mentimun juga membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

BACA JUGA  Manfaat Mengonsumsi Kecambah Untuk Kesehatan

10. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah masalah yang menjengkelkan. Nah, ternyata mentimun sangaat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Biotin, riboflavin, niasin, dan vitamin B5, B6, dan C memiliki peran penting untuk pertumbuhan rambut. Mentimun juga bagus untuk mencegah rambut rontok dan beruban.

11. Nafas yang lebih segar

Khasiat konsumsi mentimun yang terakhir adalah penyegar nafas alami. Karena phytochemical yang membantu mentimun melindungi diri dari zat berbahaya selain dapat menghalau bakteri berbahaya di mulut Anda. Cukup pegang irisan mentimun di atap mulut Anda dengan lidah selama 30 detik untuk membunuh bakteri dan mendinginkan mulut.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Begini Cara Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Bantuan Obat-obatan

Sebagian orang ada yang mengalami kesulitan tidur tanpa sebab-sebab yang jelas. Badan telah dibaringkan tetapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *