Home / Gadget / Beberapa Komponen iPhone SE 2020 yang Diambil Dari iPhone 8

Beberapa Komponen iPhone SE 2020 yang Diambil Dari iPhone 8

Apple telah resmi meluncurkan iPhone SE 2020 yang memiliki tampang mirip dengan iPhone 8. Tak hanya mirip, iPhone murah ini memakai komponen yang mirip.

Penasaran dengan kemiripannya dimana aja? kali ini Kitaberkata.com telah merangkum ulasannya, jadi yuk simak baik-baik!

Diseperti diungkap iFixit, iPhone SE 2020 punya sejumlah besar komponen yang mirip dengan iPhone lawas tersebut. 

Seperti diketahui, iFixit adalah perusahaan penyedia jasa reparasi gadget termasuk iPhone di Amerika Serikat.

Setelah mengoprek iPhone SE 2020, iFixit menemukan bahwa bukan hanya soal desain tetapi beberapa teknologi yang digunakan iPhone murah itu sama dengan yang terdapat pada iPhone 8 yang meluncur pada 2017 silam itu.

Komponen iPhone SE

iPhone SE 2020 menunjukkan adanya sejumlah kesamaan dengan iPhone 8 yang rilis beberapa tahun lalu. Hal ini memungkinkan adanya pergantian perangkat di antara kedua smartphone tersebut. Beberapa di antaranya adalah layar, kamera hingga Taptic Engine. 

“Bagian baiknya adalah: kamera, SIM Tray, Taptic Engine dan layar (termasuk mikrofon dan sensor proximity) dapat diganti menggunakan suku cadang iPhone 8. Dan layar itu seharusnya lebih murah daripada iPhone baru beberapa tahun belakangan ini” kata iFixIt

Kendati begitu, penting untuk diperhatikan bahwa jika penggantian layar dilakukan, iPhone tersebut akan kehilangan fungsi True Tone. Lain halnya kalau teknisi dapat mengakses program layarnya. Tidak hanya itu, iFixIt juga menekankan bahwa sekalipun tampak mirip, tombol Home tidak dapat diganti. Artinya pengguna harus mengandalkan tombol home asli. Pasalnya hal ini berkaitan dengan fungsi pemindai sidik jari. 

Di samping beberapa bagian yang dapat diganti tersebut, pengguna juga harus memahami kalau ada sejumlah bagian yang tidak dapat ditukar menggunakan komponen di iPhone 8. Salah satunya adalah baterai.

BACA JUGA  Desain HP Layar Berlubang dari Vivo

Dalam teardown yang dilakukan, baterai iPhone SE 2020 dan iPhone 8 memang tampak identik. Meski begitu, pengguna tidak akan bisa menukar keduanya. Pasalnya keduanya menggunakan konektor yang berbeda, sehingga membuatnya tidak kompatibel. 

iPhone SE 2020 justru memiliki konektor baterai yang sama dengan iPhone 11. Sayangnya, menukar keduanya juga tidak akan membuat iPhone SE 2020 menyala. Bahkan sekalipun penukaran dilakukan dengan baterai asli iPhone SE 2020 lainnya, pemberitahuan “not a genuine Apple battery” akan tetap muncul. 

iPhone SE 2020 dipandang memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya adalah sudah menggunakan chip A13 Bionic seperti iPhone 11 series. Kendati tidak memiliki beragam fitur seperti iPhone 11, namun dengan prosesor terbaru dan dukungan perbaikan yang melimpah akan menjadi penawaran terbaik yang ditawarkan Apple di perangkat ini. 

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Review Realme Watch: Smartwatch Termurah di Pasaran, Rasa Premium

Realme, telah mengumumkan kehadiran smartwatch baru untuk pasar Indonesia yang diberi nama, Realme Watch. Telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *