Home / Info / Kontingen Garuda Bantu Korban Ledakan Di Beirut Lebanon

Kontingen Garuda Bantu Korban Ledakan Di Beirut Lebanon

Ledakan besar yang mengguncang Beirut, Ibu Kota Negara Lebanon, Selasa 4 Agustus kemarin menggegerkan dunia.

Dalam video yang beredar luas, ledakan dahsyat tersebut bak bom atom dengan efek gelombang kejut yang sangat luas hingga merusak bangunan sekitar. Hingga Rabu pagi, 5 Agustus 2020, dilaporkan puluhan korban tewas hingga ribuan orang terluka. 

Belakangan diketahui ledakan itu berasal dari 2.700 ton amonium nitrat yang disimpan di pelabuhan Beirut sebelum dikirim ke Afrika.

Bala bantuan dari berbagai negara kini datang ke Lebanon untuk membantu para korban. Indonesia mengirimkan Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL).  seluruh personel diturunkan ke Kota Beirut untuk membantu evakuasi korban.

Adapun, Satuan Tugas (Satgas) Batalyon (Yon) Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) turut membantu penanganan akibat ledakan yang di sana.

“Anggota kita Satgas Hospital Level 2 telah berangkat dari Naquora untuk membantu penanganan akibat ledakan tersebut,” kata Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang saat dikonfirmasi, Rabu (5/8/2020).

Menurut dia, seluruh personel telah diturunkan ke Kota Beirut untuk membantu evakuasi korban. “Sekarang meluncur ke Beirut untuk membantu evakuasi korban ledakan atas perintah UNIFIL,” pungkasnya

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Thohari, menyampaikan beberapa keterangan terkait insiden itu dan kondisi WNI di kota tersebut. 

“Ledakan sangat besar yang telah kami laporkan terdahulu terjadi di Port of Beirut pada pukul 18.02 Waktu Setempat,” kata Dubes Hajriyanto, berdasarkan keterangannya, Rabu (5/8/2020).

Ia juga menjelaskan, bahwa lokasi pelabuhan itu berdekatan dengan pusat kota Beirut, dan tingkat kehancuran dan kerusakan properti terjadi dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.

BACA JUGA  Ini Dia Hak Rakyat Jika Terjadi Lockdown Di Indonesia

Demikianlah sekilah info yang dapat kitaberkata.com rangkum untuk anda, semoga bermanfaat.

sumber : berbagai sumber

Check Also

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil Tak bisa dipungkiri lagi, penyebaran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *