Thursday , October 29 2020
Home / Kuliner / Kopi Asal Indonesia Yang Sukses Mendunia
image source : tribunnews.com

Kopi Asal Indonesia Yang Sukses Mendunia

Kalau bisa dibilang hampir semua orang suka meminum kopi. Karena aromanya yang khas dan mampu memikat dan menggugah selera. Tidak salah lagi jika kopi dinobatkan sebagai minuman terpopuler ke-2 di dunia setelah teh. Banyak orang yang menjadikan kopi sebagai kebutuhan popoknya. Kopi asal Indonesia tidak bisa dipugkiri kalau cita rasanya yang enak mampu membuat seseorang ketagihan. Sobat Kitaberkata udah pada tahu belum kalau ada kopi asal Indonesia yang sukses mendunia, karena aromanya yang khas dan rasanya-pun enak. Inilah daftar kopi asal indonesia mendunia

1. Kopi Luwak

kopi luwak
image source : osc.medcom.id

Kopi Indonesia yang banyak disukai bahkan hingga ke luar negeri yakni kopi luwak yang banyak diproduksi di daerah Sumatera dan Jawa.

Tak hanya menjadi salah satu kopi favorit, kopi luwak juga termasuk ke dalam salah satu kopi termahal di dunia dan kopi asal indonesia mendunia.

Pasalnya, kopi yang satu ini memiliki cita rasa yang unik karena proses pembuatannya yang cukup aneh yaitu kopi harus dimakan oleh luwak terlebih dahulu. Lalu biji kopi yang keluar dari kotoran luwak kemudian diambil dan dijadikan kopi, karena proses itulah yang membuat rasa kopi luwak eksotik dengan aroma khas yang lembut.

2. Kopi Robusta Temanggung

kopi robusta temanggung
image source : tokopedia.com

Aroma cukup unik, yakni aroma tembakau dengan rasa pahit pekat dan mendominasi. Namun itulah yang membuat kopi khas Temanggung, Jawa Tengah, ini sangat autentik dan digemari. Bahkan pasar ekspornya sudah mencapai negara-negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

3.  Kopi Arabika Gayo

kopi arabika gayo
image source : tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, kopi Gayo adalah salah satu jenis kopi terbaik di Indonesia yang diproduksi di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, Sumatra. Biji kopi ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas, tidak terlalu pahit juga tidak terlalu kuat. Karena cita rasanya inilah, kopi Gayo sempat mendapat penghargaan dari International Organization of Fair Trade pada 2010 silam, serta menjadi salah satu jenis kopi terenak di dunia versi International Conference on Coffee Science. Pun, kopi Gayo tak ketinggalan mendapat predikat sebagai kopi mahal menurut Specialty Coffee Association of America.

BACA JUGA  5 Jajanan Tradisional Khas Indonesia yang Masih Populer

4. Kopi Arabika Flores Bajawa

kopi arabika flores bajawa
image source : maharasacoffee.biz

Selanjutnya ada juga kopi Indonesia di mana Amerika sebagai salah satu negara tujuan terbesar ekspor komoditas kopi arabika Flores.

Kopi arabika yang berasal dari Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki rasa dominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Meskipun cukup kental, tapi tingkat keasamannya terbilang rendah ketimbang kopi lainnya.

5. Kopi Arabika Kintamani

kopi arabika kintamani
image source : kintamani.id

Kopi Kintamani menjadi salah satu kopi yang populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Tujuan ekspor utama kopi Kintamani memang di tiga negara tersebut. Rasanya unik karena dominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga, dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang.

6. Kopi Toraja

kopi toraja
image source : splonase-news.com

Berbeda dengan bentuk kopi lain di Indonesia, kopi Toraja memiliki warna cokelat tua dengan bentuk biji yang tidak beraturan, sehingga Anda bisa dengan mudah mengenali kopi ini di antara jenis kopi lainnya. Selain itu, ciri khas dari kopi Toraja adalah rasa dan aromanya. Kopi Toraja memiliki rasa fruity dan after-taste yang tidak terlalu pahit. Aroma kopi Toraja juga sangat khas, karena ditanam berdampingan dengan tanaman rempah sehingga menghasilkan aroma yang sangat harum dan nikmat.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Inilah 5 Makanan Yang Enak Dan Khas Dari Kanada

Kanada merupakan negara dengan salah satu kwalitas hidup terbaik. Makan yang ada di kanada juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *