Home / Kuliner / Kuliner yang Wajib Kamu coba Saat Berkunjung ke Bali

Kuliner yang Wajib Kamu coba Saat Berkunjung ke Bali

Pulau Bali destinasi paling populer di Indonesia. Pesona sejuta lautnya yang indah membuat Bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara. Gak cuma kaya tempat wisata, Pulau Dewata juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezat.

Jika kamu berkunjung ke pulau Dewata, tidak lengkap rasanya jika belum mencoba beberapa masakan Khas dari pulau Dewata.

berikut adalah beberapa makanan khas dari Bali, yang dapat kami rangkum untuk anda.

1.Sate Lilit

Berbeda dengan sate pada umumnya. Biasanya potongan dagingnya ditusuk, tapi sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri.

2.Ayam Betutu

Makanan khas Bali berikutnya yaitu ayam betutu. Ayam betutu sudah sangat dikenal masyarakat luas, namun di Bali olahan tersebut berbeda karena dibuat dengan bumbu bernama base genep.

Base genep merupakan bumbu khas Bali yang berisi bawang merah dan putih, cabai, kemiri, terasi, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunir, dan kencur yang dihaluskan baru ditumis.

Selain itu, ayam betutu bali punya keunikan lain, karena akan memberikan daun singkong ke dalam perut ayam setelah dilumuri dengan bumbu genep di atas.

3.Babi Guling

Walau makanan ini tidak halal bagi umat muslim, tapi makanan inilah yang banyak dicari para wisatawan lokal ataupun luar negeri. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner wajib.

4.Nasi Campur

Makanan khas Bali selanjutnya berupa nasi. Jika nasi campur atau rames dikira hanya ada di pulau Jawa, itu salah besar, karena di Bali ada nasi campur yang dihiasi oleh lauk yang Bali banget.

BACA JUGA  5 Sajian Masakan Berbahan Beras Merah

Beragam lauk pauk dapat dipilih oleh para pelanggan seperti telur pindang, sate lilit, besisit, lawar sayuran, sambal, dan tak lupa ada nasi.

Namun tidak hanya itu saja, karena nasi campur di Bali banyak dijual di berbagai rumah makan, sehingga akan ada variasi lauk untuk membuatnya berbeda dari produsen lain.

5.Srombotan

Serombotan klungkung adalah nama untuk penyebutan makanan khas Bali dari daerah Klungkung dengan isian berupa sayuran berisi aneka bumbu.

Sayur yang kerap dijadikan sebagai serombotan adalah bayam, kangkung, terong bulat, buncis, kacang panjang, dan kecambah yang dimasak dengan cara direbus.

Untuk mempermudah konsumen saat hendak memakannya, sayuran tersebut akan dipotong kecil-kecil dulu, baru di atasnya akan diberi bumbu.

Bumbu-bumbu tersebut yang nantinya akan membuat rasa serombotan lebih bewarna dengan perpaduan rasa gurih dan pedasnya.

Itu lah beberapa makanan khas Bali yang dapat kitaberkata.com rangkum untuk anda. jika anda berkunjung kebali jangan lupa mencoba salah satu daftar menu makanan diatas yaa…

sumber : berbagai sumber

Check Also

Inilah Restoran Paling Aneh Yang Ada Di Dunia

Zaman sekarang, restoran gak hanya sebagai tempat makan dan merayakan aneka peristiwa penting. Selain menjual …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *