Thursday , October 29 2020
Home / Gadget / Lagi Trend Dark Mode, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Lagi Trend Dark Mode, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Sekarang banyak aplikasi yang menyediakan fitur dark mode atau mode gelap. Instagram, Whatsapp, dan Youtube sudah diberikan fitur dark mode ini. Tapi kalian tahu gak kalo fitur dark mode ini tidak sepenuhnya baik, dark mode memiliki kekurangan. Namun dark mode juga memiliki kelebihannya.

Sebelum kalian beralih ke dark mode, kali ini Kitaberkata.com akan membahas kelebihan dan kekurangan dari dark mode, disimak ya.

Kelebihan Dark Mode

1. Baterai awet

Dark mode memiliki keunggulan untuk menghemat pemakaian daya baterai ponsel. Sayangnya, keunggulan ini hanya berlaku untuk smartphone yang memiliki layar OLED (organic light-emitting diode). Layar OLED memiliki lapisan tipis yang mampu memancarkan cahaya sendiri.

Ketika layar OLED menampilkan warna hitam, piksel akan mati secara otomatis. Jadi, ketika dark mode diaktifkan, sebagian besar piksel layar mati. Inilah yang membuat baterai ponsel menjadi lebih awet.

Hal tersebut tidak berlaku pada ponsel yang menggunakan layar LCD. Pencahayaan layar LCD menggunakan bantuan lampu di bagian samping atau belakang perangkat untuk menyinari piksel.

Lampu tersebut akan tetap menyala meski layar menampilkan warna gelap sehingga tidak ada pengaruh pada pengurangan daya.

Penghematan baterai bisa terasa jika dark mode menggunakan warna hitam. Jika masih berwarna abu-abu gelap, penghematannya baterai tidak begitu signifikan.

2. Tampilan lebih menarik

Mode gelap biasanya memberikan tampilan visual yang lebih menarik. Sebab, teks atau tampilan visual yang berwarna akan terlihat menonjol dengan latar yang lebih gelap. Hal ini seperti diakui oleh Roman Banks, perancang aplikasi dan pengembang dari berbagai aplikasi, salah satunya adalah WhatsApp.

3. Nyaman Di Mata

Mungkin jika tidak praktik langsung dan hanya dikatakan dengan kata-kata saja tidak cukup membuktikan. Saya sendiri sudah membuktikan apabila kita menggunakan tampilan biasa ataupun normal mode , maka seringkali layar begitu cerah dan akan membuat mata cepat pedih.Sedangkan ketika mode gelap ataupun dark mode diaktifkan maka tampilan akan menjadi gelap dan warnanya pun santai tidak begitu membuat mata kaku ataupun pedih.

BACA JUGA  Pemblokiran ponsel BM Via IMEI Pada April 2020.

Selanjutnya ketika mode gelap diaktifkan dapat juga membuat pekerjaan kita lebih fokus ataupun lebih konsentrasi lagi. Hal ini pun diakui oleh Apple, dimana ia berkata “Mode gelap adalah tampilan baru yang dramatis yang nyaman di mata dan membantu anda fokus pada pekerjaan”. Wow tapi memang benar kok jika dirasa-rasakan tampilan gelap lebih soft di mata dan lebih enak untuk dipandang.

Kekurangan Dark Mode

1. Bukan untuk semua orang

Namun, ternyata tak semua orang merasa nyaman menggunakan mode gelap. Penelitian menunjukkan, mode gelap tak cocok bagi mereka yang perlu membaca cepat,mengoreksi tulisan, atau memiliki mata silinder.

Riset dari Universitas Passau menyebut pembaca membaca teks lebih cepat ketika menggunakan latar putih. Dengan latar ini, mereka juga dapat mendeteksi kesalahan penulisan lebih cepat.

2. Sulit Dibaca

Penelitian lain dari University of British Columbia menunjukkan bahwa mode gelap ternyata cukup menyulitkan bagi orang yang memiliki astigmatisme atau mata silinder. Orang dengan mata silinder biasanya sulit mendeteksi garis lurus, kesulitan membedakan warna, pandangan kabur, atau mata yang sensitif terhadap cahaya.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Peluncuran Samsung Galaxy S20 FE Semakin Dekat

Infоrmаѕі mengenai Sаmѕung Galaxy S20 FE ѕеmаkіn bаnуаk bеrеdаr dі ranah іntеrnеt. Kаlі іnі kеmbаlі …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *