Tuesday , October 27 2020
Home / Kuliner / Makanan Khas Papua Yang Enak Dan Terkenal
image source : njajan.com

Makanan Khas Papua Yang Enak Dan Terkenal

Halo guys, kalau kalian berbicara tentang Papua apa sih yang terlintas di kepala kalian? Apakah keindahan alamnya? Ternyata Papua tidak hanya terkenal dengan keindahan dah keasrian alamnya. Makanan khas Papua juga terknal dan memiliki rasa yang lezat. Kali ini Kitaberkata.com akan memberikan daftar makanan khas Papua yang terkenal.

1. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu
image source : ksmtour.com

Sajian makanan ini mungkin terdengar cukup ekstrim dan menggelikan bagi masyarakat Indonesia. Ulat yang selama ini dianggap menjadi hewan yang menjijikan atau malah menakutkan bagi sebagian orang. Oleh masyarakat Papua, ulat ini dijadikan sebuah sajian makanan yang berbentuk sate dan makanan ini dianggap yang paling lezat dan kaya akan gizi dan protein sehingga dapat menyehatkan tubuh.

2. Kue Lontar

Kue Lontar
image source : riau24.com

Hati Terlontar-lontar-Pulau Papua juga mempunyai makanan khas yang enak dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Makanan tersebut adalah kue lontar. Jangan heran kalau bentuknya mirip pie susu atau cheesetar yang lagi hits sekarang. Papua yang membuat lebih dulu kue lontar ini dan rasanya juga enak di lidah.

3. Papeda

Papeda
image source : tribunnews.com

Kamu tentu tau kan makanan yang satu ini? Papeda merupakan makanan khas yang berasal dari wilayah Indonesia timur. Nah, bahan utama dari papeda adalah sagu. Jadi sagu diolah menjadi seperti bubur yang berwarrna putih dan teksturnya itu lengket kayak lem.

Rasanya? Papeda ini nggak ada rasanya, alias hambar. Biasanya papeda dimakan dengan menggunakan ikan yang diolah menjadi makanan berkuah. Ikan yang dipakai seperti tongkol atau mubara, dimasak menjadi ikan kuah kuning

Kalau makan papeda ini langsung telan aja, nggak perlu dikunyah segala. Malah nyangkut entar kalau kita kunyah dulu, selain itu ambil kuah yang banyak, buat bantu nelen ini papeda,

BACA JUGA  4. Resep Kuliner Khas Bali yang Halal, Enak, dan Bikin Nagih

4. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh
image source : njajan.com

Kok namanya aneh gini ya? Udangnya selingkuh sama siapa lagi? Hayo ngaku.

Disebut udang selingkuh karena bentuknya nih, jadi badannya itu udang tapi capitnya mirip kepiting. Itulah kenapa dinamakan udang selingkuh, ternyata udang ada main sama kepiting nih.

Udang yang satu ini sangat populer di daerah Wamena, Papua Barat. Biasanya udang selingkuh digoreng, direbus atau bisa juga dibakar, sesuai selera kamu aja maunya yang mana. Nah, kalau kamu ada kesempatan berkunjung ke Wamena, jangan lupa cobain udang yang satu ini.

5. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus
image source : merahputih.com

Makanan yang satu ini memang sudah terdengar tidak asing lagi, pasti semua orang sudah mengetahui tentang ikan bungkus. Tetapi makanan yang berasal dari Papua ini sangat berbeda dangan ikan bungkus yang lainya, yang membedakan ikan bungkus ini adalah bungkusannya yang berasal dari daun talas, sedangkan yang lain menggunakan daun pisang, dan ikan yang digunakan harus ikan laut bukan ikan air tawar.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Inilah 5 Makanan Yang Enak Dan Khas Dari Kanada

Kanada merupakan negara dengan salah satu kwalitas hidup terbaik. Makan yang ada di kanada juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *