Home / Kesehatan / Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Salah Satunya Menyehatkan Kulit
hellosehat.com

Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Salah Satunya Menyehatkan Kulit

Banyak manfaat berjemur di pagi hari yang baik untuk kesehatan tubuh. Waktu berjemur yang bagus adalah di bawah jam 9 pagi, karena sinar matahari belum terlalu panas. Selain berjemur kalian juga menghirup udara pagi yang segar.

Salah satu manfaat yang dikenal oleh masyarakat luas yaitu untuk menyehatkan kulit. Ternyata bukan hanya itu manfaat berjemur di pagi hari, manfaat lainnya yaitu untuk memperkuat tulang.

Ingin tahu manfaat lain dari berjemur di pagi hari? Yuk disimak.

Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut para ahli, vitamin D memiliki khasiat yang dapat mencegah diabetes. Sebuah penelitian di tahun 2006 oleh University of Lund dan Malmö University Hospital, Swedia menemukan bahwa mendapatkan vitamin D sejak masih kecil sangat terkait dengan penurunan risiko Diabetes Tipe 1.

Menerima paparan sinar matahari selama lima menit saja sama artinya dengan memberikan 400 vitamin D pada tubuh kamu.

Meningkatkan Imunitas

 Vitamin D juga memiliki peranan dalam sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan menggunakan vitamin D untuk mendukung kinerja sel T yang berfungsi sebagai garis depan pertahanan melawan penyakit yang disebabkan oleh virus. Apabila vitamin D tidak mencukupi kebutuhan sistem metabolisme tubuh akan memudahkan tubuh terjangkit virus yang membuat kamu sakit.

Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu sedang menjalankan program penurunan berat badan? Jika iya, kamu bisa pertimbangkan untuk menambahkan suplemen vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Sebab, sinar matahari pagi dapat membantu mengurangi berat badan juga. Berjemur ketika pagi sangat bagus untuk membantu menghilangkan kelebihan lemak di tubuh.

Kesehatan Mata

Tidak seperti apa yang diyakini banyak orang, sinar matahari tidak selalu buruk bagi mata kita.

Vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan penglihatan dan penuaan mata. Menurut penelitian, “efek sinar matahari tidak hanya bermanfaat, tetapi juga mampu mempunyai efek penyembuhan pada mata.”

BACA JUGA  5 Manfaat Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan Tulang

Selain membantu kinerja sel T untuk melawan virus yang masuk. Vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari pagi dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Apabila penyerapan kalsium terjadi dengan baik maka kalsium yang sudah diserap dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang hingga membuat tulang menjadi kuat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Vitamin dari sinar matahari pagi juga memberi manfaat untuk membantu tubuh memproduksi hormon dengan baik dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Kamu bisa memulai memperbaiki kualitas dan pola tidur yang tidak teratur dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi pada waktu yang sama setiap hari. Rutinitas tersebut akan membantu mengatur jam tidur.

Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat berjemur di pagi hari ternyata juga bisa mengatasi kerontokan rambut. Namun, terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari malah dapat merusak rambut  karena sel-sel epitel yang membantu pertumbuhan rambut dikenal sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet.

Tapi jangan terlalu banyak paparan dapat mengurangi tingkat vitamin E dan C yang penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi berjemurlah secukupnya atau jangan terlalu lama.

Menyehatkan Kulit

Paparan sinar matahari saat berjemur di pagi hari dapat membantu penyembuhan gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur pada kulit lainnya. Terapi berjemur di pagi hari selama empat minggu terbukti berhasil digunakan untuk menghilangkan gejala psoriasis secara signifikan pada 84% subjek.

Untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi UV dan memastikan manfaat yang didapat lebih besar dari risiko yang ditimbulkan maka sebaiknya lakukan metode pengobatan alternatif ini di bawah pengawasan medis.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Khasiat Rajin Mengkonsumsi Mentimun

Mentimun di Indonesia sering digunakan sebagai makanan pelengkap dalam masakan. Mentimun juga sering digunakan sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *