Home / Kesehatan / Inilah Manfaat Berkumur dengan Obat Kumur Ketika Berpuasa

Inilah Manfaat Berkumur dengan Obat Kumur Ketika Berpuasa

Mungkin banyak dari masyarakat belum tau manfaat berkumur setelah makan atau sikat gigi dengan obat kumur. Padahal ini bisa menambah kepedean kita ketika berbicara dengan orang lain apalagi saat bulan puasa ini.

Bulan puasa bisa jadi momen yang pas untuk membiasakan diri membiasakan melakukan hal yang sehat seperti menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur gigi.

Manfaat Berkumur Ketika Berpuasa

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa, Anda harus rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Namun, menyikat gigi saja tidak bisa membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dengan sempurna. Oleh karena itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan benang gigi (dental floss) dan berkumur dengan obat kumur (mouthwash).

Untuk lebih jelasnya, inilah manfaat berkumur yang bisa Anda peroleh dari penggunaan obat kumur selama puasa yang dirangkum Kitaberkata.com:

1. Mencegah bau mulut

Manfaat berkumur yang pertama adalah mencegah adanya bau mulut. Ketika berpuasa, produksi air liur akan mengalami penurunan. Karena air liur merupakan pembersih mulut alami, berkurangnya air liur akan menyebabkan peningkatkan jumlah bakteri sehingga menyebabkan bau mulut.

Hal ini bisa dicegah dengan berkumur menggunakan obat kumur, misalnya setelah makan. Obat kumur dengan kandungan antiseptik mampu mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, kandungan menthol yang biasanya ada dalam obat kumur juga dapat membuat napas menjadi lebih segar.

2. Mencegah pembentukan plak gigi dan gigi berlubang

Manfaat berkumur ke dua adalah mencegah pembentukan plak gigi dan gigi berlubang. Plak gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Lama-kelamaan, plak ini bisa menimbulkan lubang pada gigi akibat zat asam yang dihasilkan bakteri sewaktu memecah sisa-sisa makanan tersebut.

BACA JUGA  Ingin Diet Sehat ? Sebaiknya Hindari Jenis Karbohidrat Ini !

Karena dapat membersihkan sisa makanan sekaligus bakteri di mulut dengan lebih maksimal, penggunaan obat kumur dapat membantu mencegah pembentukan plak gigi. Ini berarti risiko untuk terjadinya gigi belubang juga akan berkurang.

3. Menjaga kesehatan gusi

Manfaat selanjutnya menjaga kesehatan gusi adalah Radang gusi disebabkan oleh plak yang menumpuk di sela gusi dan gigi. Karena dapat mencegah pembentukan plak, obat kumur secara tidak langsung juga dapat menjaga gusi tetap sehat.

Namun, obat kumur tentunya harus digunakan secara rutin, serta dibarengi dengan menyikat gigi, membersihkan sela gigi dengan benang gigi (flossing), dan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang manis.

4. Menjaga dan melindungi kesehatan mulut dari sariawan

Dan manfaat yang terakhir adalah menjaga dan melindungi kesehatan mulut dari sariawan. Saat puasa, mulut menjadi lebih kering dan rentan mengalami sariawan. Untuk melindungi mulut dari sariawan selama berpuasa, berkumurlah dengan mouthwash secara rutin. Penggunaan obat kumur dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang bisa memicu risiko munculnya sariawan.

Selain menggunakan obat kumur, Anda juga harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi dan melakukan flossing. Namun, lakukan dengan hati-hati, agar sikat gigi atau benang gigi tidak melukai gusi dan mulut yang justru dapat menimbulkan risiko terjadinya sariawan.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Ini Perbedaan Pendarahan Haid dan Hamil yang Sering Kita Keliru

Mungkun sеbаgіаn wanita merasa bіngung perbedaan pendarahan saat haid atau hamil. Sеbаb flеk darah jugа …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *