Home / Kesehatan / Manfaat Kayu Manis, Si Harum yang Menyehatkan
zafeshasimplyhq.com

Manfaat Kayu Manis, Si Harum yang Menyehatkan

Kayu manis sudah sering digunakan di Indonesia sebagai rasa dan aroma untuk suatu masakan masakan. Di keadaan seperti sekarang ini menjaga imun tubuh sangat lah baik. Meningkatkan imun tubuh merupakan salah satu manfaat dari kayu manis.

Selain meningkatkan imun tubuh ternyata masih ada lagi lho manfaat dari kayu manis.

Ingin tahu manfaat lain dari kayu manis? Yuk disimak.

Kaya akan antioksidan

Kita semua tahu pentingnya antioksidan untuk sistem kekebalan tubuh. Radikal bebas di lingkungan sehari-hari dapat merusak sel tubuh dan membuat kamu jatuh sakit.

Manfaat kayu manis yang kaya akan antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel tubuh dari kerusakkan ini.

Bahkan saking tingginya akan antioksidan, kayu manis dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

Mengurangi efek PCOS

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS adalah penyakit ketidakseimbangan hormon  ketika ovum atau sel telur pada perempuan tidak berkembang secara normal. Sesuai PCOS Awareness Association, air kayu manis yang dicampur dengan madus dapat membantu mengurangi efek PCOS.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal Fertility and Sterility, air kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin pada wanita dengan PCOS.

Mendukung Kesehatan Otak

Manfaat kayu manis yang pertama ialah untuk mendukung kesehatan otak. Dikutip dari Draxe, sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis akan mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan stres oksidatif.

Sehatkan jantung

Studi tabung menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu manis dapat mengurangi penanda peradangan. Ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Studi juga melaporkan bahwa kayu manis dapat mengurangi tekanan darah, serta kadar trigliserida dan kolesterol buruk.

Terlebih lagi, kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kayu manis mengandung sejumlah besar kumarin yang bisa mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.

BACA JUGA  5 Dampak Buruk Minum Teh Berlebihan

Memiliki kandungan anti-inflamasi

Sering merasa nyeri atau bengkak pada sendi? Rasa tidak nyaman dari inflamasi atau peradangan ini dapat mengganggu aktivitas keseharian kamu.

Coba konsumsi teh kayu manis. Rasa hangat dari rebusan air kayu manis bermanfaat meredakan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan pada tubuh.

Mengurangi efek parkinson

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Neuroimmune Pharmacology, air kayu manis dapat memperlambat perkembangan penyakit parkinson.

Meringankan Kram Menstruasi

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis.

Hal ini disebabkan oleh sifat analgesik pada kayu manis dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri. Jadi para perempuan dapat mencoba trik mengonsumsi kayu manis untuk meringankan rasa kram menstruasi.

Turunkan gula darah

Kayu manis dapat memberikan efek antidiabetik yang kuat dengan menurunkan kadar gula darah. Kayu manis bertindak dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah.

Kayu manis juga membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan,

Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Manfaat kayu manis untuk kesehatan salah satunya mencegah pertumbuhan bakteri dan fungi dalam tubuh.

Kayu manis memiliki komponen aktif, Cinnamaldehyde, yang dapat meningkatkan sistem imun dan melawan berbagai jenis infeksi seperti Listeria dan Salmonella.

Mengobati Flu

Mengonsumsi bubuk kayu manis yang telah dicampur dengan bubuk kayu manis dan madu dipercaya dapat meredakan sakit flu. Campuran ini dapat membasmi virus yang menyebabkan flu.

Hal ini disebabkan karena setiap satu sendok teh kayu manis terdapat kalsium, vitamin K, mangan, 4 gram serat, 19 kalori dan zat besi. Zat-zat ini juga baik untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

BACA JUGA  Bahaya Game Online untuk Kesehatan, dari Kecanduan hingga Obesitas

Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Kulit Berjerawat, Inilah Makanan Untuk Mencegahnya

Kulit berjerawat tеntu akan menjadi mаѕаlаh, tеrutаmа bаgі orang-orang уаng selalu іngіn tampil mеnаrіk. Selain …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *