Home / Kesehatan / Ternyata Jagung Menyimpan Banyak Manfaat
image source : 99.co

Ternyata Jagung Menyimpan Banyak Manfaat

Jagung merupakan tanaman pangan penghasil karbohidrat. Di Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok bagi mereka. Jagung juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Kali ini Kitaberkata.com akan memberitahu kalian, apa saja manfaat konsumsi jagung.

1. Baik untuk pencernaan

Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Mencegah anemia

Jagung mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa menghindarkan dari anemia atau kekurangan darah.

3. Mengatasi konstipasi

Untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu perbanyak aktivitas fisik (olahraga), minum air putih, dan perbaiki pola makan. Makanan yang harus masuk ke sistem pencernaan kita saat mengalami konstipasi, diutamakan yang mengandung banyak serat. Makanan jenis ini merupakan obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah jagung.

Olahan jagung yang juga dianggap efektif mengatasi konstipasi adalah popcorn atau berondong jagung. Hanya saja, jauhkan tambahan lain, seperti garam dan mentega, agar kebaikannya dapat dirasakan tubuh secara maksimal. Jagung dan popcorn termasuk kelompok padi-padian utuh. Menambahkan porsi padi-padian utuh dalam diet adalah solusi efektif dalam mengobati sembelit.

4. Menurunkan risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah

Jagung termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga baik bagi Anda yang mengalami prediabetes, suatu keadaan yang menunjukkan Anda berisiko mengalami diabetes tipe 2.

Penderita diabetes sebaiknya memilih sumber karbohidrat dengan bijak, karena karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah. Sumber karbohidrat yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik karena karbohidrat jenis ini adalah karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Jadi, penderita diabetes bisa memanfaatkan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang sehat.

BACA JUGA  Jangan Dibuang, Ini dia Manfaat Kulit Jeruk Untuk Menjaga Kecantikan Wanita

5.Kaya Vitamin B

Jagung kaya akan vitamin B, terutama thiamin (B1) dan niacin (B3). Tiamin sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Sementara niacin mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi masalah kardiovaskular.

Manfaat konsumsi jagung dalam meningkatkan HDL telah teruji. Hal ini membuat jagung dipilih sebagai salah satu bahan dalam kandungan Nutrive Benecol.

Mengonsumsi Nutrive Benecol terbukti membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis efektif menurunkan kadar kolesterol. PSE ditemukan pada golongan tumbuhan seperti jagung, rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, gandum, dan tanaman lainnya dalam jumlah yang tidak banyak.

Minuman smoothies ini hadir dalam beberapa varian rasa, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix, dan chocolate.

6.Melawan Kanker

Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan jagung kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Jagung juga kaya asam ferulat, agen antikarsinogenik yang telah terbukti efektif dalam melawan tumor yang menyebabkan payudara dan kanker hati.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Ini Makanan Pengganti Nasi Putih yang Menyehatkan & Mengenyangkan

Nasi putih merupakan makanan wajib tersedia di piring masyarakat Indonesia. Bahkan sampai ada sebuah slogan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *