image source : tribunnews.com

Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi Kentang

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, jika tidak memakan nasi seperti belum makan rasanya begitulah anggapan orang Indonesia. Padahal nasi bukan satu satunya sumber karbohidrat bagi tubuh manusia. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi nasi dapat menyebabkan kegemukan. Maka dari itu coba kentang sebagai pengganti nasi karena manfaat konsumsi kentang sangatlah banyak.

Kentang bisa menjadi pilihan kita untuk mendapatkan sumber karbohidrat untuk tubuh. Tanaman umbian-umbian ini yang dimakan adalah bagian akarnya saja atau biasa disebut dengan bagian umbinya dan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia. Kentang merupakan makanan pokok beberapa negara terutama negara-negara yang terletak di kawasan benua Amerika Selatan dan Eropa. Kandungan kentang memberikan efek baik bagi tubuh manusia. Tanpa basa-basi lagi inilah manfaat mengkonsumsi kentang.

Berikut kitaberkata.com sudah merangkum beberapa manfaat konsumsi kentang :

Mengurangi Peradangan

Menurut buku ‘Healing Foods’ kentang bersifat basa dananti-infamasi dapat membantu meringankan sakit di lambung dan usus dua belasjari serta mengurangi asam lambung. Selain itu, kentang juga bisa meringankanperadangan yang terkait dengan penyakit arthritis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, serat,minaral dan senyawa karatenoid (lutein dan zeaxanthin) yang bermanfaat bagikesehatan jantung serta fungsi tubuh lainnya.

Membantu Anda lebih rileksasi

Menurut buku ‘Healing Foods’ juga, kentang, terutama dagingputihnya kaya akan triptofan, asam amino dengan sifat obat penenang alami yangmembantu menenangkan saraf.

Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak sangat tergantung pada kadar glukosa, pasokanoksigen, asam animo, omega-3, vitamin B kompleks dan hormon-hormon tertentu.Hampir semua yang disebut ini terdapat pada kentang.

Merawat Kesehatan Kulit

Dalam kentang terkandung beberapa mineral seperti sulfur,kalium dan fosfor yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untukmengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu dikarenakan kentang dapatmenurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol guladarah. Untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satumalam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Selain itu, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Mandi setelah olahraga? Apakah berbahaya untuk kesehatan?

kitaberkata.com – Setelah berolahraga tubuh akan berkeringat lebih dari biasanya. Anda mungkin akan merasakan tubuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 1 =