Thursday , February 25 2021
Home / Kesehatan / Manfaat Mengonsumsi Kecambah Untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Kecambah Untuk Kesehatan

Hai Sobat Kitaberkata, Sudah tahu belum kalau kecambah ternyata memiliki banyak manfaat. Kecambah atau tauge memang memiliki banyak manfaatnya, salah satunya adalah bisa menambahkan kesuburan.

Tidak hanyakesuburan lho, kecambah juga memiliki manfaat lainnya. So langsung aja disimak.

Mencegah Kanker

Kecambah dari berbagai jenis kacang-kacangan–menurut James Dukes, Ph.D., peneliti dan ahli botani dari Departemen Pertanian A.S.–kaya akan senyawa antikanker seperti genistein yang bekerja mengacaukan pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka akhirnya mati.

Kecambah juga mengandung banyak unsur phytochemicals yang bermanfaat. Salah satunya adalah kanavanin, yaitu sejenis asam amino yang diduga bisa melumpuhkan sumber kanker leukemia, usus besar, dan pankreas.

Kecambah juga dapat menghindari penumpukan senyawa beracun yang bisa memicu benih kanker. Antioksidan yang ditemukan di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan perkembangbiakan sel kanker.

Meningkatkan Kesuburan

Kandungan vitamin E, terutama vitamin E-alpha, dapat membantu meningkatkan kualitas sel sperma pria dan membantu meningkatkan produksi sel telur.

Vitamin E adalah antioksidan yang dapatmelindungi sel dariserangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi kecambah, vitamin E di dalamnya dapat menjaga sel telur atau sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Bermanfaat untuk Kesehatan Wanita

Kecambah memiliki estrogen alami yang berfungsi seperti sintesis estrogen. Estrogen dalam kecambah dapat meningkatkan kepadatan dan struktur tulang serta mencegah keropos tulang (osteoporosis).

Konsumsi banyak kecambah secara teratur dapat membantu menghindari masalah selama menstruasi, kanker payudara, gangguan haid, gejala pra-menopause, dan gangguan terkait menopause.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat kecambah juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan folat dan protein di dalamkecambah bisa menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan begitu,jantung dan pembuluh darah bisa terjaga kesehatannya.

BACA JUGA  4 Olahraga Yang Sangat Cocok Untuk Diet

Sebagai Sumber Anti Oksidan

Kecambah bisa dibilang memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Manfaat kecambah ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang cukup banyak.

Kandungan vitamin C memiliki senyawa antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan.

Mencegah terjadinya osteoporosis dini

Kata siapa mencegah osteoporosis hanya dengan minum susu? Anda bisa mencegah terjadinya osteoporosis dinidengan mengonsumsi kecambah.

Hal ini disebabkan di dalam kecambah terdapat kandungan zat yang menyerupai estrogen. Kandungan zat yang dimaksud adalah fitoestrogen.

Fitoestrogen memiliki manfaat sebagaimana estrogen yang mampu meningkatkan kepadatan tulang. Tulang yang padat dapat mecegah terjadinya osteoporosis dini.

Nah guys jadi itu dia manfaat dari mengonsumsi kecambah, kalian pada suka ngga?

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Kulit Berjerawat, Inilah Makanan Untuk Mencegahnya

Kulit berjerawat tеntu akan menjadi mаѕаlаh, tеrutаmа bаgі orang-orang уаng selalu іngіn tampil mеnаrіk. Selain …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *