Thursday , October 29 2020
Home / Kuliner / 5 Masakan Vegetarian Khas Indonesia
image source : kumparan.com

5 Masakan Vegetarian Khas Indonesia

Mungkin mendengar kata vegetarian tidak asing lagi bagi kita. Kalau sudah vegetarian di mindset kita pasti terbayang sayuran dan itu makanan dari negara lain. Tetapi itu salah, kita sendiri memiliki beragam macam masakan vegetarian khas indonesia yang tak kalah enaknya.

Bahkan, banyak vegetarian atau vegan dari negara lain yang menyukai menu-menu sayuran khas Indonesia. Tidak heran, karena makanan Indonesia kaya rasa, di antaranya seperti berikut yang sudah di rangkum oleh tim kitaberkata.

5 masakan vegetarian khas indonesia :

1.Pepes tahu, tempe, dan jamur

pepes
image source : cookpad.com

Makanan khas Jawa Barat ini berisi ikan yang dibalut tahu. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak yang mengubah bahan dasar ikan dengan makanan lain. Dalam kasus vegetarian, mereka mengubahnya dengan protein olahan sayuran seperti tempe dan jamur.

Keseluruhan bahan ini tinggal dicampur dan dibungkus dengan daun pisang. Memasaknya pun gampang. Tinggal dikukus atau dibakar, sama-sama menciptakan rasa yang sedap dengan aroma daun pisang yang khas.

2.Nasi goreng telur tahu

nasgor tahu
image source : resep4.blogspot.com

Nasi goreng adalah makanan favorit semua orang. Rasanya, nggak hanya untuk sahur dan berbuka puasa, nasi goreng selalu jadi masakan andalan saat lapar di tengah malam. Nah, untuk kamu yang menjadi Lacto Ovo Vegetarian, kamu bisa membuat nasi goreng dengan telur dan potongan tahu serta tempe untuk jadi santapan saat sahur maupun berbuka. Mudah, tapi mengenyangkan!

3.Tumis capcay jamur

capcay jamur
image source : ramesia.com

Sayuran makanan vegetarian yang wajib jadi hidangan sehari-hari. Untuk sahur, kamu bisa memasak Tumis Capcay Jamur yang mengenyangkan dan juga bermanfaat untuk kesehatan selama berpuasa. Biar lebih menggugah selera, kamu bisa tambahkan perasa-perasan lain dan juga telur orek di dalamnya.

BACA JUGA  5 Resep Smoothie Kurma Cocok Untuk Menu Buka Puasa

4.Karedok

karedok
image source : ramesia.com

Bumbu makanan ini sama dengan pecel atau lotek, hanya bedanya sayuran yang dipakai di karedok mentah alias tidak direbus terlebih dulu seperti menu sebelumnya. Namun, ciri khas dari karedok adalah terasi yang dipakai dalam adonan bumbunya.

5.Tahu dan tempe bacem

tahu dan tempe bacem
image source : mommiesdaily.com

Cara memasak makanan ini mudah, lho. Anda cukup merebus tahu dan tempe di dalam air yang sudah dicampur dengan aneka bumbu, seperti daun salam, lengkuas, kecap manis, dan garam. Usai direbus, tahu dan tempe sebenarnya sudah bisa dikonsumsi, tetapi kebanyakan masyarakat Indonesia menggoreng lagi sebelum menyantap tempe dan tahu bacem.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Check Also

Inilah 5 Makanan Yang Enak Dan Khas Dari Kanada

Kanada merupakan negara dengan salah satu kwalitas hidup terbaik. Makan yang ada di kanada juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *