Home / Otomotif / Mau Beli Mobil? Kenali Jenis Jenis Mobil Berdasarkan Fungsinya

Mau Beli Mobil? Kenali Jenis Jenis Mobil Berdasarkan Fungsinya

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sekarang sudah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk kendaraan pribadi. Dari awal munculnya, jenis mobil hanya ada 1 saja. Namun seiring perkembangan dan moderennitas teknologi mobil serta permintaan dari pasar. Membuat para produsen membuat banyak jenis jenis mobil terbaru saat ini.

Maka mobil yang cocok untuk kalian beli adalah MPV. Dimana mobil MPV memiliki kursi penumpang yang banyak dan interior yang lega. Sehingga nyaman untuk dikendarai bersama keluarga. Berbeda halnya jika kalian membeli mobil untuk sendiri.

Untuk lebih jelasnya kali ini kitaberkata.com telah merangkum 8 jenis mobil berdasarkan fungsinya dibawah ini. jadi simak baik-baik!

1. Sport Utility Vehicle (SUV)

Yang pertama adalah mobil SUV atau Sport Utility Vehicle yang dikategorikan sebagai mobil penumpang atau muatan barang. Berdasarkan fungsinya, mobil ini dapat dikatakan mampu melintasi jalanan dengan berbagai macam medan seperti on road ataupun off road. Bagasi yang dimiliki mobil SUV ini juga didesain cukup luas dan bisa menampung banyak penumpang hingga tujuh atau delapan orang.

Walaupun demikian, mobil SUV ini didesain untuk kenyamanan berkendara, karena SUV merupakan gabungan dari Pick up, Jeep dan sedan. Mobil ini didesain dengan jarak yang tinggi dari bodi mobil ke tanah. Fitur yang digunakan juga cukup lengkap dengan suspensi yang kokoh dan lembut. Desain eksterior dan interiornya juga terlihat tangguh dengan ukuran bodi dan tenaga yang lebih besar.

2. Multi-Purpose Vehicle (MPV)

Jenis mobil MPV disebut sebagai mobil penumpang atau minivan. Mobil ini telah menginspirasi mobil MPV modern dengan tiga baris kursi dengan moncong mobilnya yang panjang. MPV didesain untuk mampu membawa banyak orang dengan kondisi nyaman dengan sisa ruang yang masih luas untuk bagasi. Mobil MPV didesain lebih tinggi dengan ruang gerak yang masih leluasa.

BACA JUGA  Deretan Mobil JDM Legendaris Di Dunia

Mobil MPV merupakan mobil yang seringkali banyak digunakan di Indonesia karena menawarkan fitur yang bisa mengangkut banyak penumpang namun dengan kenyamanan yang juga tidak diabaikan. MPV biasanya akan dapat digunakan dari 5 hingga 7 penumpang.

3. Hatchback

Jenis hatchback merupakan mobil yang memiliki ukuran kecil dengan ruang penumpang yang menyatu dengan bagasi. Mobil ini memang didesain untuk membawa penumpang dan barang.

Walaupun bagasi dari mobil ini tidak seluas mobil SUV ataupun MPV, namun sebagian orang juga memilih mobil ini. kapasitas penumpang dari mobil hatchback biasanya hanya tersedia 4 hingga 5 orang saja.

5. Sedan

Mobil sedan memiliki desain yang minimalis dengan daya tampung maksimal sebanyak 5 orang. Tipe mobil ini memiliki bodi yang pendek dan memanjang yang membuatnya terlihat mewah dan anggun. Bahkan, mobil sedan sudah cukup lama menjadi pilihan favorit banyak orang.

6. Stasion Wagon

Mobil stasion wagon merupakan mobil yang mirip sedan dengan atap yang diperpanjang sampai bagian belakang. Tujuannya untuk digunakan sebagai bagasi yang menyatu dengan kabin penumpang yang mirip dengan mobil jenis hatchback, tapi tentu saja berbeda. Sebab, mobil stasion wagon memiliki 4 pilar jendela, sedangkan hatchback biasanya hanya memiliki 3 pilar jendela.

6. Convertible

Mobil Convertible adalah mobil kecil dengan atap yang dapat dilipat, sehingga memungkinkan pengguna untuk merubah mobil dari kendaraan yang tertutup ke tipe terbuka . Terdapat dua varian mobil jenis ini – convertible soft top , dimana atap terbuat dari vinyl atau kanvas , dan hard convertible , dimana atap terbuat dari plastik atau baja .

Atap ditarik dilipat dan ditempatkan di dalam atau di atas bagasi kendaraan. Beberapa convertible menggunakan lipat manual, sementara yang lain ada yang secara otomatis seprti mobil convertible model sekarang. Kadang-kadang, memisahkan atap bisa menjadi tugas yang membosankan, dan membeli varian power- assisted dapat menghemat banyak masalah .

BACA JUGA  Binter Joy, Motor Bebek Kawasaki Pertama di Indonesia

Meskipun sebagian besar convertible dua – seater dan memiliki dua pintu , convertible empat – seater dengan dua atau empat pintu juga tersedia . Beberapa convertible populer yang kita bisa melihat di jalan-jalan hari ini adalah Ford Mustang , Volkswagen New Beetle , Dodge Avenger , Mitsubishi Eclipse Spyder , Pontiac Sunfire.

7. Coupe

Mobil Coupe umumnya merupakan mobil dengan ukuran kecil yang hanya memiliki dua buah pintu dan jok penumpang, namun beberapa jenis lainnya memiliki empat jok penumpang. Mobil Coupe sendiri ada banyak jenisnya, yaitu nothchback coupe,fastback coupe, liftback coupe, convertible coupe, dan coupe empat pintu. Setiap jenis coupe tentu saja berbeda-beda desainnya.

8. Double Cabin

Jika Anda membutuhkan mobil yang nyaman di segala medan, namun juga dapat memuat banyak penumpang dan barang, jenis mobil double cabin akan sangat cocok untuk Anda pilih.

Jenis mobil ini merupakan gabungan SUV dan pick-up yang didesain memiliki bagasi terbuka layaknya pick-up namun tetap dapat memuat penumpang sedikitnya 4 hingga 5 orang. Mobil ini didesain tangguh, mesin yang bertenaga, dan bagasi yang luas yang akan cocok dipakai di segala medan.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Binter Joy, Motor Bebek Kawasaki Pertama di Indonesia

Sejarah sepeda motor jenis bebek di Indonesia cukup panjang. Meski model barunya tidak begitu diminati, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *