Home / Info / Mengenal Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri
safetysignindonesia.id

Mengenal Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri

Alat pelindung diri  (APD) sudah sering digunakan oleh petugas yang bekerja di tempat-tempat yang memiliki resiko kecelakaan tinggi. Contohnya seperti pekerja konstruksi, petugas PLN, pemadam kebakaran dan lain-lain.

Kali ini Kitaberkata.com akan memperkenalkan jenis-jenis alat pelindung diri (APD). So disimak sampai habis ya.

Alat Pelindung Kepala (Safety Helmet)

Sesuai namanya, alat pelindung kepala berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan akibat benda jatuh, tertabrak, atau terjatuh. Alat ini juga dapat melindungi kepala dari paparan radiasi panas, api, serta paparan bahan kimia, mikroorganisme, hingga suhu yang ekstrem.

Alat pelindung kepala yang dapat digunakan di antaranya helm, topi, pengaman rambut, maupun alat yang dirancang khusus untuk menutupi seluruh bagian kepala.

Alat Penutup Telinga (Ear Muffs)

Penggunaan ear muffs sangat tepat apabila Anda terpapar suara 40 hingga 50 dB dan 100–8000Hz. Ukurannya pun dapat mengakomodasi segala ukuran telinga karena umumnya dibuat dengan bantalan cukup besar untuk menutup seluruh daun telinga.

Meski begitu, sebaiknya hindari penggunaan ear muffs dalam jangka waktu yang terlalu lama karena dikhawatirkan akan membuat bantalan mengerut dan mengeras.

Alat Pelindung Mata (Safety Glasses)

Alat pelindung ini berfungsi untuk melindungi mata dan muka dari paparan bahan kimia berbahaya, gas dan partikel yang melayang di udara atau air, percikan benda kecil, panas, atau uap.

Alat pelindung diri yang menutup wajah dan mata juga penting digunakan untuk mengurangi risiko munculnya gangguan kesehatan atau cedera akibat paparan radiasi, pancaran cahaya, dan benturan atau pukulan benda keras atau tajam.

Alat Pelindung Pernapasan (Respirator)

Alat pelindung pernapasan penting digunakan dalam lingkungan minim oksigen ataupun dengan udara yang terkontaminasi. Alat ini akan melindungi Anda dari kontaminan penyebab penyakit seperti debu, gas, atau asap.

BACA JUGA  Pendukung Petisi Bebaskan Jerinx Lebih Dari 124 Ribu Orang

Alat pelindung diri jenis ini juga bisa mengurangi risiko Anda tertular penyakit yang menyebar melalui udara, seperti infeksi beberapa jenis virus.

Alat Pelindung Wajah (Face Shield)

Face shield atau alat pelindung wajah adalah komponen APD yang penting untuk mengurangi kemungkinan wajah terpapar cemaran air atau udara, zat kimia berbahaya, percikan larutan panas, ataupun goresan benda tajam lainnya. Biasanya alat ini digunakan pada aktivitas pengelasan.

Alat Pelindung Kaki (Safety Shoes)

Safety shoes berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki karena benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia dan sebagainya.

Alat Pelindung Tangan (Gloves)

Pelindung tangan atau sarung tangan berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api, suhu panas atau dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, benturan atau pukulan, tergores benda tajam, atau infeksi.

Pakaian Pelindung

Suhu panas, percikan api dan bahan kimia, udara yang tekontaminasi bakteri dan virus, hingga pakaian yang tidak sengaja tersangkut ke alat berbahaya, bisa menyebabkan tubuh mengalami luka atau penyakit serius. Sehingga, diperlukan pakaian pelindung untuk mengantisipasinya.

Tali Pengaman (Safety Harness)

Safety harness pada dasarnya adalah bagian dari sabuk keselamatan yang wajib digunakan orang yang harus berhadapan dengan ketinggian.

Ada dua macam safety harness: full body harness dan non-full. Sesuai SK Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kerja, penggunaan full body harness wajib untuk di tempat tinggi yang rawan terjatuh.

Pelampung

Pelampung digunakan oleh pekerja yang bekerja di atas air atau di permukaan air supaya bisa mengambang dan tidak tenggelam. Pelampung ini terdiri dari life jacket atau life vest.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan alat pelindung diri sangat penting untuk melindungi diri dari kecelakaan kerja. Namun sayangnya, masih banyak pekerja yang enggan memakai APD dengan alasan tidak nyaman, repot, berat, atau sesak.

BACA JUGA  Gila! Sepatu Compass X PMP Diserbu, Kurang dari 16 Detik Sold Out

Rompi Safety

Rompi sebagai komponen APD yang baik adalah yang berbahan poliester dan mampu memantulkan cahaya karena telah didesain secara khusus dengan tambahan reflektor.

Salah satu fungsi utama menggunakan alat ini adalah supaya pekerja dapat terlihat dengan jelas pada waktu malam hari atau ketika penerangan tak terlalu memadai.

Sumber : Dari berbagai sumber

Check Also

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil

Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah Dengan Alkohol & Baby Oil Tak bisa dipungkiri lagi, penyebaran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *